Punya Manfaat Baik untuk Gen Z, Tour Library Gelar Talkshow Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat

SANGATTA, Swarakaltim.com — Masih dalam euforia Tour Library 2023, berbagai acara serentak terlaksana dalam satu waktu di tempat yang berbeda. Kali ini Talkshow digelar di Kantor Bupati Kutai Timur pada Selasa (28/11/2023).

Tidak hanya menyasar peserta anak-anak. Remaja dan masyarakat umum turut menjadi perhatian khusus dalam upaya pengembangan literasi di Kalimantan Timur.

Melihat hal tersebut, Talkshow dengan tema Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat dilaksanakan guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya dua aktivitas tersebut terhadap pencerdasan hidup seseorang baik secara fisik dan mental.

Ratusan siswa sekolah menengah dan mahasiswa nampak antusias tak kala narasumber yang dihadirkan pada Tour Library 2023 menjawab rasa penasaran mereka akan pentingnya membaca dan menulis.

Ketiga narasumber yang dihadirkan yakni dr Rintas Tasya, Dr Sudarman, dan Dr H Rusman Yaqub, SPd, M.Si, menjadi teman cerita bagi para peserta yang mayoritas kawula muda.

Masing-masing narasumber berbagi pengalaman mengenai membaca dan menulis yang mengubah cara pikir dan kebiasaan yang baik untuk diri.

“Saya mengawali menulis melalui platform digital yang semula e-book menjadi e-book yang mempunyai buku fisiknya. Tulisan saya berawal dari kesedihan saya yang saya ungkapkan melalui cerita yang menyenangkan. Ada banyak cara mengungkapkan emosi salah satunya melalui tulisan,” papar Rintas Tasya.

Kendati lulus sebagai seorang tenaga medis, Rintas tetap berkarya dengan tulisan-tulisannya. Baginya, menulis adalah cara mengenal diri sendiri dan membaca merupakan cara manusia dapat melihat hidup dengan berbagi sisi.

Tak hanya Rintas, Sudarman yang juga menjadi narasumber mengungkapkan menulis merupakan keterampilan dasar individu yang memiliki segudang manfaat seperti mengurangi beban kesehatan mental hingga mengasah keterampilan.

“Menulis banyak banget manfaatnya. Enggak hanya melegakan tapi juga melatih daya ingat, memperbanyak khasanah kosakata. Secara enggak langsung kita jadi belajar sama karya sendiri, itulah manfaat utamanya,” imbuh pria yang turut menjadi dosen di Universitas Mulawarman tersebut.

Yang membuat istimewa pada Talkshow ini, dikala sesi pertanyaan berlangsung. Para peserta memberi apresiasi kepada narasumber berupa afirmasi kata semangat dan terima kasih atas kesediaan narasumber untuk berbagi mengenai manfaat membaca dan menulis. Hal tersebut disambut haru oleh narasumber.

“Kutim punya energi yang luar biasa pada sesi diskusi talkshow senang sekali mempunyai ruang yang aman untuk berkomunikasi secara dua arah,” papar Rintas.

Talkshow ditutup dengan hiburan menyanyi bersama Musisi Literasi Indonesia, Ferry Curtis dengan tembang lagu miliknya “Ayo Ke Perpustakaan”. (adv-dpk kaltim/hms/dho)

Loading