Kampanyekan Penurunan Stunting Lewat Turnamen Bola Voli

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Sebanyak 260 siswa siswi SMA se Kaltim mengikuti Turnamen Pertandingan Bola Voli Jenjang SMA se Kalimantan Timur Tahun 2023 yang digelar di Gor Kadrie Oening Sempaja, pada Rabu (6/12/2023).

Acara ini, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, tidak hanya menjadi panggung kompetisi olahraga, tetapi juga menggabungkan semangat kesehatan melalui Kampanye Penurunan Stunting (Pelajar Peduli Stunting) dengan Pemberian Asupan Bergizi Cegah Stunting.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan da Kebudayaan Provinsi Kaltim, Kepala Bidang Pembinaan SMA Muhammad Jasniansyah, menyambut kegiatan ini dengan apresiasi dan harapan besar.

Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada Satgas Stunting Kalimantan Timur atas kolaborasi yang diharapkan dapat turunkan prevalensi stunting di Kaltim.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, kita dapat mengevaluasi pembinaan terhadap karakter siswa siswi. Semoga talenta-talenta ini menjadi permata-permata yang mengharumkan Provinsi Kalimantan Timur, khususnya di bidang olahraga bola voli,” ucapnya.

Turnamen ini melibatkan 10 Kabupaten Kota, termasuk Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Bontang dan Samarinda.

Dalam sambutannya, dirinya juga mengajak para peserta untuk menjadikan turnamen sebagai wadah pengaktualisasian diri, berkompetisi dengan sehat dan menjalin silaturahmi antar siswa-siswi.

“Dari kegiatan ini, kita berharap muncul talenta yang akan mengharumkan nama Kalimantan Timur di bidang olahraga bola voli. Mari jadikan ini sebagai wadah untuk bersaing secara sportif,” tambahnya.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, ucapan terima kasih disampaikan kepada wasit, juri dan official pertandingan yang memfasilitasi acara ini. Kepala Dinas Pendidikan juga mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan.

Sementara itu, dalam laporan Sub Koordinator Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikbud Kaltim, Siti Aminah, dijelaskan bahwa kegiatan ini terdiri dari dua bagian, yaitu turnamen voli tingkat SMA yang berlangsung dari 6 hingga 11 Desember 2023, dan Kampanye Penurunan Stunting dengan Pemberian Asupan Bergizi Cegah Stunting.

Total peserta dari 10 kabupaten kota se-Kaltim mencapai 260 orang, dengan masing-masing kontingen terdiri dari tim putri, tim putra, dan tim official. Dalam perlombaan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim memberikan apresiasi berupa uang pembinaan, dengan total hadiah mencapai 17 juta untuk juara pertama.

Kampanye Penurunan Stunting juga mendapat dukungan dengan bantuan dari Dinas Peternakan Provinsi Kaltim sebanyak 800 butir telur dan bantuan susu dari SMK, serta snack untuk peserta. Sub Koordinator berharap kegiatan ini berjalan lancar dan bahagia untuk semua peserta.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga, tetapi juga membawa pesan kesehatan dan semangat sportivitas bagi siswa siswi SMA se-Kaltim. (adv-rey/pt/kominfo kaltim)

Loading