Sekda Minta Peserta FGD Mengikuti Dengan Serius, Guna Mendukung Upaya Peningkatan Kualitas Data

Foto Sekda Berau M Said bersama peserta FGD serta tamu undangan yang merupakan Kepala OPD terkait

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau selalu komitmen terhadap pelaksanaan program satu data Indonesia. Karena itu agar bisa meningkatkan kualitas data sebagai dasar pembangunan daerah, digelar kegiatan FGD penyusunan publikasi Berau dalam angka dan pembinaan statistik sektoral tahun 2024. Nampak menghadiri sekaligus membuka acara bertempat di RPJPD, Jl APT Pranoto, Tanjung Redeb tersebut Sekda Bumi Batiwakkal, Muhammad Said.

Menurut beliau, agar tujuan dari kegiatan ini tercapai, dirinya meminta kepada seluruh peserta FGD bisa mengikuti dengan serius dan aktif. Sebab pelaksanaan program satu data Indonesia di Kabupaten Berau memerlukan kerja sama yang baik antar berbagai pihak untuk memastikan akurasi dan pertanggungjawaban data yang tersedia di daerah. Tentu manfaat akhir diharapkan guna mendukung upaya peningkatan kualitas data.

“Saya tekankan bahwa kualitas data yang digunakan dalam analisis strategi kebijakan memiliki dampak signifikan terhadap penentuan arah kebijakan pembangunan. Karena itu perlu terus ditingkatkan dalam pengelolaan data didaerah. Sebagaimana pepatah “data itu mahal harganya, namun akan lebih mahal lagi jika kita membangun tanpa data”. Makna dari pepatah itu urgensi pemahaman dan pemanfaatan data yang baik dalam upaya pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya saing,” ungkap Said.

Lanjutnya, sebagai bentuk komitmen Pemkab Berau terhadap Sistem Data Indonesia (SDI) melalui kebijakan Bupati Berau Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Satu Data Indonesia Berau. Maka pada bulan Juli tahun 2022, Bumi Batiwakkal, Berau menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Jaringan Informasi Geospasial Daerah Timur, yang membahas kebijakan Satu Peta Indonesia sebagai bagian dari Satu Data Indonesia.

“Data ini dianggap sebagai instrumen penting dalam menentukan kebijakan pembangunan yang efektif dan berkelanjutan. Makanya peserta FGD harap benar benar konsentrasi penuh mengikuti tahap demi tahap kegiatan, agar hasilnya kelak mampu menyuport pelaksanaan program satu data Indonesia didaerah kita tercinta ini dengan baik dan sempurna,” ucapnya di kegiatan, Selasa (6/2/2024). (Nht/Day)

Loading