Tahun 2022, Hasil EKPPD Terhadap LPPD Berau Meningkat Dibanding Tahun 2021

Foto Sekda Berau M Said bersama seluruh peserta Rakortek di Samarinda

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Dalam penyampaian Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah (LPPD) Kabupaten Berau tahun 2022 mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun 2021.

Hal ini terungkap dalam acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Penyusunan LPPD tahun 2024 di ruang rapat sungai pinang room, Hotel Bumi Senyiur, Jalan P Diponegoro, Samarinda, Rabu (07/02/2024).

Hadir juga dalam acara Rakortek tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Berau M Said, Asisten 1 Setda Berau, Hendratno, Bagian Ortal dan OPD se Kabupaten Berau serta Nara Sumber sebagai pemateri.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan dalam mengisi data dan capaian kinerja pemerintah daerah harus sesuai dengan kondisi dan bukti dukung yang ada, jangan dimanipulasi sehingga hasilnya riil sesuai dengan kondisi yang terjadi.

“Atas kenaikan hasil LPPD ini, kita harus bersyukur, sebab mengalami kenaikan, tentunya ini berkat perjuangan bersama Pemda beserta OPD sebagai penyedia data pendukung, dan keberhasilan ini harus kita tingkatkan lagi kedepan,” tegas Sekda.

Hasil EKPPD terhadap LPPD tahun 2021 se-Kalimantan Timur, untuk Kkabupaten Berau menempati urutan ke 287 dengan skor 2,18 dengan kategori rendah. Namun di tahun 2022 kabupaten Berau naik ke peringkat 83 dengan skor 3,2 dengan predikat sedang.

“LPPD ini merupakan gambaran umum penyelenggaraan urusan pemerintahan dan capaian kinerja pemerintah daerah sekaligus sebagai evaluasi setiap Pemda atas kinerjanya di peringkat nasional. Makanya, LPPD akan dituangkan dalam status kinerja, baik dengan predikat rendah, sedang maupun tinggi dan sangat tinggi berdasarkan kinerja masing-masing daerah,“ pungkas Said. (Nht)

NB : Foto Bersama sebelum acara dimulai

Loading