Didukung 6.000 SR Gratis Dari APBN, Tahun 2024 Perumdam Targetkan 11.000 SR Baru

Loading

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Seiring dengan masih banyaknya warga Kabupaten Berau yang belum tersambung jaringan air bersih, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Batiwakkal berupaya mencari solusi termasuk ke Pemerintah Pusat (Pempus) untuk merealisasikanya.

Perjuangan itu  membuahkan hasil, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2024, Pempus memberikan bantuan jaringan dan 6.000 Sambungan Rumah (SR) baru kepada warga Bumi Batiwakkal. Dengan begitu, target Perumdam tahun ini sebesar 5.000 SR bisa terealisasi beriringan dengan berjalannya bantuan Pempus, sehingga totalnya mencapai 11.000 SR.

Hal itu ditegaskan oleh Direktur Utama Perumdam Batiwakal, Saipul Rahman kepada Swara Kaltim beberapa waktu lalu diruang kerjanya Jalan Raja Alam 1, Tanjung Redeb, Berau. Menurut Saipul, tahun 2023 Perumdam hanya berhasil merealisasikan 3.140 SR dari target 4.000 SR.

“Kendala kami tahun lalu adalah terbatasnya jaringan pipa yang menghubungkan ke wilayah warga yang belum terhubung air bersih. Jika tahun ini realisasinya lebih dari 6.000 SR terlaksana atau diatas 55 persen, maka target tahun ini dan kekurangan tahun lalu akan terlampaui, apalagi jika terlaksana 100 persen,“ imbuh Dirut yang sudah memimpin Perumdam semenjak 2019 tersebut.

Memang, program APBN SR gratis yang dimaksud Saipul tersebut bukan 100 persen tanpa biaya, namun bagi pemohon hanya dikenakan biaya administrasi saja yang sangat kecil jika dibandingkan dengan pendaftaran umum. Oleh sebab itu bantuan dari pusat tersebut akan berdampak baik untuk membantu Perumdam dalam memenuhi target SR.

“Kita sangat bersyukur, program Pempus itu sasaran utamanya jaringan, jadi eksen dilapangan nanti bisa sharing dengan program Perumdam. Hanya saja, realisasi jaringan dilapangan tetaplah Dinas PUPR yang realisasikan. Dan sejauh ini berdasarkan data masuk di Bulan Januari masyarakat yang mendaftar untuk SR gratis tersebut sudah lebih 100 pendaftar. Kami yakin, jika banyak masyarakat yang tahu, pendaftar akan membludak lagi. Oleh sebab itu bantu dalam kami mensosialisasikan kabar gembira ini,“ pungkasnya. (Nht).