Usman Ali : Relawan Bencana Balikpapan Sangat Membantu Tugas BPBD

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Balikpapan mengaku keberadaaan relawan bencana di kota Balikpapan sangat membantu pemerintah dalam mengantasi adanya bencana yang terjadi di kota Balikpapan.

“Kami meminta kepada para relawan untuk bencana untuk saling berkoordinasi dengan BPBD dalam berbagi ilmu pemberian pertolongan dan penyelamatan saat terjadi bencana sesuai dengan standar operasional pelaksanaan,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan , Usman Ali kepada awak media, “Kamis (22/2/’24).

Usman menjelaskan, pihaknya selalu siap untuk memberikan pelatihan kepada relawan bencana yang ingin belajar dasar kebencanaan seperti pertolongan pertama pada korban bencana seperti kebakaran, banjir , gempa bumi dan hal lainya. “Kami siap membantu memberikan pelatihan kepada para relawan bencana yang ada di Balikpapan,” tegasnya.

Lanjut Usman, relawan bencana yang ada di Balikpapan diakui memiliki aktifitas lain, sehingga cara memberikan pertolongan dan tindakan secara otodidak. “Kami akan memberikan pelajaran cara dasar memberikan pertolongan, apabila ada bencana, karena ada beberapa relawan yang belajar hanya secara otodidak,” ujarnya.

“Relawan di Balikpapan memiliki kemampuan yang berbeda beda, ada yang memiliki kemampuan sama dengan BPBD meluncur dari ketinggian, relawan penerangan dan keselamatan,” sambungnya.

Usman juga mengingatkan kepada masyarakat Balikpapan, agar tidak membakar sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran, warga yang akan keluar rumah untuk memperhatikan kembali kondisi kompor di rumah telah mati. Akibat kondisi cuaca terik panas yang terjadi di Balikpapan beberapa hari terakhir, sesuatu yang tidak diinginkan seperti kebakaran dapat terjadi apabila masyarakat tidak waspada.

“Masyarakat diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar, apalagi dengan kondisi cuaca panas terik di kota Balikpapan beberapa terakhir ini. Kemudian sama halnya antisipasi, kewaspadaan kebakaran rumah padat penduduk,” tegasnya.

Usman menambahkan, pihaknya terus melakukan sosialiasi langsung ke masyarakat akan pencegahan kebakaran .Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Lurah dalam sosialisasi bahaya kebakaran.(*/pr)