Kepala DPU Balikpapan, Rita : Proyek DAS Ampal Jl MT Haryono Selesai di Kerjakan, Pengaspalan dan Penataan Trotoar Akan di Kerjakan Kontraktor Baru

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan membenarkan proyek pengerjaan penanggulangan banjir Daerah Sungai (DAS) Ampal yang dikerjakan PT Fahreza Duta Perkasa, dengan perpanjangan waktu pengerjaan selama 50 hari telah selesai 100 persen.

Kini PT Fahreza masih memiliki waktu 6 bulan kedepan untuk melakukan pembersihan atau pemeliharaan.

“Saya pada saat di wawancarai wartawan saya tidak mau, saya mau klarifikasi bahwa saat itu masih masa 50 harinya sampai jam 12.00 malam,” tegas, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Balikpapan, Rita, Kamis (22/2/2024).

“Tidak ada pekerjaan aspal di lokasi JL MT Haryono tersebut, sesuai kontrak hanya sampai Rigid pavement (istilah teknis untuk setiap permukaan jalan yang terbuat dari beton, Red), bukan dalam bentuk pengaspalan,” tegasnya.
Lanjut Rita, untuk pengaspalan di proyek penanggulangan banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal hanya dilakukan di titik Perumahan Wika dan Global Sport saja karena didua tempat itu dilakukan untuk pekerjaan yang tuntas.

“Untuk pekerjaan saluran yang di Inhutani itu lanjutannya pada 2024 dengan lelang baru, tidak ada hubungannya dengan PT Fahreza Duta Perkasa,” tegasnya.

Rita mengaku, untuk kontrak dengan PT Fahreza Duta Perkasa secara teknis dengan Dinas PU Bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan Drainase Balikpapan telah memiliki item masing-masing. Sehingga untuk penataan trotoar di luar dari kontrak PT Fahreza, sama halnya untuk pengaspalan jalan MT Haryono.

”Untuk pengaspalan di JL MT Haryono akan di kerjakan oleh pihak ketiga, yang akan di kerjakan tahun ini juga,” sambungnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Balikpapan, Jen Supriyanto mengaku, untuk proyek pengerjaan DAS Ampal telah selesai,namun masih ada pekerjaan minor yang harus diselesaikan seperti pembersihan.

”Ada kesalahan pandangan masyarakat jika proyek pengerjaan penanganan banjir belum rampung dikerjakan PT Fahreza Duta Perkasa. Karena volume pekerjaan sampai disitu. Sedangkan untuk pengaspalan dan penataan trotoar akan dikerjakan kontraktor baru,” tegasnya. (*/pr)