Kapolres Pastikan Perayaan Idul Fitri di Kukar Aman, Ini Pesannya

Teks Foto : Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Terpusat 2024. (Ist)

KUTAI KARTANEGARA, Swarakaltim.com – Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1145 Hijriah. Masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sudah mulai disibukkan dengan mempersiapkan segala kebutuhan. Mulai berbelanja, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Termasuk bersiap diri untuk mudik lebaran ke kampung halaman.

Guna memastikan semuanya aman dan lancar. Seluruh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia pada Rabu (3/4/2024) pagi tadi, termasuk Polres Kukar secara serentak menggelar Operasi Ketupat Terpusat 2024.

Hal itu ditandai dengan digelarnya apel gelar pasukan di Halaman Mapolres Kukar, Jalan Woltermonginsidi Tenggarong yang dipimpin langsung Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman. Sekaligus membacakan amanat Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Isinya : Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022.

Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

Sebagaimana diketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023.

Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Berdasarkan survei, total yang akan mudik sebesar 190 juta lebih pemudik. Oleh sebab itu, Kapolri mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal.

Sekedar diketahui, dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos. Terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu. Sebagai pelayanan dan pengamanan utama pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Sementara di Kukar sendiri. Telah disiapkan sebanyak 5 pos, terdiri 1 pos terpadu dan 4 pos pelayanan. Didukung 19 pos pengamanan di masing-masing polsek.

“Kita ingin pastikan kamtibmas di Kukar aman dan lancar saat perayaan Idul Fitri,” ungkap Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman saat ditemui usai apel.

Apalagi tema Operasi Ketupat Terpusat tahun 2024 ini adalah ‘Mudik, Ceria dan Aman’. “Kita ingin dan berharap semua wilayah di Kukar berjalan aman terkendali,” jelasnya.

Untuk itu, Kapolres menghimbau kepada masyarakat, bagi yang mudik agar bisa mengamankan barang-barang milik pribadi. Apabila meninggalkan rumah segera lapor ke Ketua RT atau petugas keamanan setempat.

“Bantu kami mengamankan milik pribadi. Dengan melapor ke RT dan keamanan setempat. Kami pun bisa mengontrol. Wilayah mana yang banyak ditinggal mudik. Kita akan patroli dari skala kecil sampai besar. Sehingga selama melaksanakan mudik, masyarakat merasa aman,” tuturnya.

Termasuk musibah kebakaran. Kapolres meminta kepada masyarakat untuk tingkatkan kewaspadaan. “ Cek ricek kompor dan tabung gas. Cek juga alat elektronik. Serta koordinasikan dengan polsek setempat agar bisa kita amankan bersama-sama,” pesannya. (Bay)

Loading