Komunitas Bergerak Pertamina Balikpapan Kembali Gelar Belanja Baju Lebaran bersama 50 Anak Yatim dan Dhuafa

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Bulan Ramadan dikenal masyarakat sebagai bulan dengan berbagai keutamaan, diantaranya adalah bulan ampunan serta bulan penuh keberkahan. Bertepatan dengan momentum Ramadan 1445H ini, Pertamina Grup Balikpapan berkesempatan untuk mengadakan kegiatan Semangat berbagi Baju Lebaran (SEBARAN) 3.0 yang diadakan serentak di 26 kota se-Indonesia termasuk Balikpapan, Senin (01/4/’24).

SEBARAN 3.0 merupakan suatu program yang bertujuan untuk meningkatkan kontribusi dan kepedulian Perwira Pertamina dalam memberikan bantuan terhadap masyarakat sekitar khususnya anak yatim dan dhuafa disekitar wilayah Ring 1 operasional perusahaan. Selain itu, program ini juga merupakan suatu wujud kolaborasi Perwira Pertamina yang berasal dari berbagai subholding di Balikapapan diantaranya PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB), PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) serta Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan ke-3 kalinya yang sudah kami lakukan tiap tahunnya. Ini juga merupakan suatu prgoram kolaborasi antar subholding kami yang ada di Balikpapan. Kami sangat berharap dengan adanya kegiatan ini kami dapat turut serta berbagi kebahagiaan bersama adik-adik yang ada disini,” ujar Manager HC PT KPI Unit Balikpapan Nugrahani Indra Suwarto.

Indra menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan serentak pada 26 kota yang ada di Indonesia. Sumber dana yang digunakan pada program ini, sebagian merupakan donasi dari pekerja Pertamina Grup di seluruh Indonesia.

“SEBARAN 3.0 ini merupakan suatu gerakan dalam rangka implementasi tata nilai AKHLAK yang dilakukan oleh Perwira Pertamina. Selain dari pusat, sebagian besar dana yang digunakan pada program kali ini merupakan dana yang dihimpun dari donasi pribadi para perwira melalui program Employee Volunteerism sehingga kuota yang pada awalnya hanya untuk 20 anak dikembangkan menjadi 50 anak penerima,” ungkap Koordinator SEBARAN 3.0 Kota Balikpapan Septi.

Kegiatan SEBARAN 3.0 Balikpapan sendiri berlangsung meriah. Para anak penerima manfaat begitu antusias dalam berbelanja yang didampingi langsung oleh para Perwira Pertamina yang bertugas sebagai relawan pada kegiatan ini. Anak-anak diberikan kesempatan dan kebebasan dalam memilih baju lebaran di pusat perbelanjaan Balikpapan Plaza. Para anak tampak puas berbelanja. Ada yang membeli baju koko, kemeja, celana hingga sepatu untuk lebaran dan kebutuhan sekolah mereka.

“Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi kami semua yang ada disini. Saya sangat senang melihat adik saya yang begitu berbahagia saat memilih-milih baju, dia terlihat ceria. Saya berharap kegiatan ini masih akan terus berlangsung ditahun-tahun berikutnya. Semoga para pekerja Pertamina selalu dilimpahkan rejeki, kegiatan operasionalnya selalu diberi kelancaran,” ucap Dina, saudara dari Nazril (12 tahun) yang menjadi penerima manfaat pada SEBARAN 3.0 ini.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan, Dody Yapsenang mengucapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan amal ini. Dody berharap ditahun depan kegiatan ini masih bisa terus berjalan dan dapat memberi lebih banyak Penerima manfaat.

“Kami sangat bersyukur sekali bisa melakukan kegiatan ini. Kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat dan memberikan berkah serta kebahagiaan kepada adik-adik yang membutuhkan,” ucap Dody.

Selain berbelanja baju lebaran bersama, Anak-anak juga diajak untuk ikut turut serta dalam kegiatan Buka Puasa bersama dengan para perwira Pertamina. Sambil menunggu waktu berbuka, kegiatan diisi dengan kuis serta memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menyampaikan pesan dan kesannya pada saat berbelanja baju lebaran. Menjelang waktu berbuka puasa, acara dilanjutkan dengan Tausiyah.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pemberian santunan serta souvenir berupa perlengkapan sekolah.(*/pr.P)

Loading