Libatkan 500 Personel Gabungan, Polres Kubar Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Mahakam

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Persiapan mengamankan arus mudik lebaran hari raya Idul Fitri 1445 H, Kepolisian Polres Kutai Barar (Kubar) Provinsi Kaltim melaksanakan apel gelar pasukan untuk persiapan Operasi Ketupat Mahakam 2024 di Sendawar, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan itu berlangsung di halaman Mapolres Kubar di Sendawar, dipimpin Kapolres Kubar AKBP Kade Budiarta didampingi Kasat Lantas AKP Budi Watikno, dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk para pejabat, tokoh masyarakat, dan perwakilan instansi terkait.

Apel gelar pasukan tersebut juga diikuti sedikitnya 500 personel yang tergabung dari berbagai satuan instansi fertikal, seperti Sat Brimob, Sat Samapta, Satantas, Sat Intelkam, Gabungan Sat Reskrim, Resnarkoba, dan Tahti, serta berbagai staf Polres, Dishub LLAJ, Satpol PP dan BPBD Kubar.

Dalam kegaiatan itu sejumlah unit kendaraan dinas juga disiapkan untuk mendukung pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat selama operasi ketupat mahakam 2024.

Dalam amanatnya, Kapolres Kubar menekankan pentingnya sinergi antara TNI-Polri dan stakeholder terkait dalam menjaga keamanan selama arus mudik lebaran. Untuk itu dia mengingatkan tentang peningkatan jumlah pemudik yang diperkirakan pada tahun ini dan mengajak masyarakat untuk melakukan mudik lebih awal guna menghindari kemacetan.

“Operasi Ketupat Mahakam 2024 ini melibatkan 155 ribu personel yang dilaksanakan selama 13 hari. Berbagai pos pengamanan dan pelayanan telah dipersiapkan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Kapolres Kubar.

Untuk itu Kapolres mengharapkan kepada seluruh stakeholder yang terlibat dapat bekerjasama secara optimal dalam menjaga keamanan dan keselamatan selama operasi ketupat mahakam ini berlangsung.

“Pihak kepolisian juga menegaskan pentingnya menjaga keamanan dari potensi gangguan kamtibmas serta stabilitas harga dan ketersediaan barang pokok serta BBM. Semua upaya itu didukung dengan strategi komunikasi publik yang baik, agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman dan aman,” imbuhnya.

Penulis : Alfian
Editor : Redaksi
Publisher : Rina

 

Loading