Kilang Pertamina Unit Balikpapan Lepas Jemaah Calon Haji pekerja KPI dan PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB)

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – Setelah merayakan hari raya Idul Fitri pada bulan April lalu, umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha bulan Juni mendatang. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, umat muslim dari seluruh dunia melaksanakan ibadah haji di tanah suci, Mekkah. PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan melalui Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina Balikpapan tahun ini melepas jemaah calon haji pekerja KPI dan PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) di Gunung Dubbs Balikpapan, Sabtu (11/05).

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho. “Kita harus membagi tugas. Ada yang mengawal operasional secara fisik maupun pikiran, ada yang mengawal juga dari sisi doanya, ada tim doa. Jadi mudah-mudahan ini bisa sejalan seirama, kita satu sisi disini memperjuangkan bersama-sama agar kilang bisa kita jalankan kembali dengan aman dan andal. Sisi yang lain kita harapkan juga bantuan dari Bapak Ibu semuanya yang InsyaAllah nanti akan melaksanakan haji,” kata Bayu dalam sambutannya.

Selain Bayu, turut hadir dalam kegiatan ini Manajemen serta pekerja PT KPI Unit Balikpapan dan PT KPB, Pengurus BDI Pertamina Balikpapan, Ketua Serikat Pekerja Mathilda dan Para Jemaah Calon Haji beserta keluarga. Sebagai narasumber pembekalan pengetahuan ibadah Haji juga hadir Ustadz Saipul Anwar.

Bayu juga menceritakan pengalamannya pada situasi serupa di PT KPI Unit Cilacap ketika dirinya hendak berangkat Haji di tahun 2015 lalu. “Saya ingat pada saat saya berangkat tanggal 15 bulan Agustus 2015. Saat sudah mulai sirkulasi di Residual Fuel Catalytic Cracking (RFCC) Unit Cilacap sebelum Start Up kilang, sebelum berangkat saya masih menelusuri agar tidak ada bocoran propilen di last minute. Saya upayakan selesai, 15 menit pulang ke rumah untuk persiapan berangkat saat maghrib ke Jakarta. Saya ingat kata-kata manajer saya pada waktu itu Djoko Pranoto yang menenangkan hati bahwa kita harus bagi-bagi tugas, harus ada yang bisa mendoakan kita semua yang ada disini di Baitullah,” ujar Bayu.

Menurut Bayu, doa-doa yang dipanjatkan di Baitullah akan dapat dikabulkan. Bayu juga membagikan keyakinannya tersebut kepada seluruh peserta yang hadir pada kegiatan ini. Selain itu, Bayu meminta kepada Udtadz yang hadir untuk memberikan penguatan agar tata cara ibadah para Jemaah Calon Haji sesuai dengan rukun dan syaratnya.

“Dengan kehadiran calon haji ini mari sama-sama kita doakan. Semoga tidak ada aral melintang, semua rukun dan syarat ibadahnya lengkap. Sehingga ujungnya mudah-mudahan mendapatkan haji yang mabrur. Sehingga saat kembali nanti menjadi insan yang lebih baik lagi, saat bekerja menjadi pekerja yang profesional yang penuh dengan semangat. Sehingga mudah-mudahan ini bisa memberi kontribusi yang lebih untuk perusahaan,” tutup Bayu.(*/Pr)

Loading