Akhirnya Pasar Baqa Diresmikan, Satu-satunya Pasar Berfasilitas Lift

SAMARINDA, Swarakaltim.com— Akhirnya Pasar Baqa di jalan Sultan Hasanudin kecamatan Samarinda Seberang diresmikan langsung oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun bersama Forkopimda, Rabu (15/05/2024) pagi.

Pasar yang telah lama ditunggu dari Tahun 2018 oleh masyarakat sekitar dan pedagang yang dulu menempati pasar tersebut, berkat dukungan berbagai pihak akhirnya kini telah selesai dibangun.

Untuk diketahui, pasar yang memiliki luas sebesar 6.179 m2 dengan bangunan dua lantai tersebut, peresmiannya ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun didampingi oleh Ketua TWAP, Perwakilan Bank Indonesia, dan Forkopimda Kota Samarinda.

“Mudah-mudahan pasar ini dapat menambah kegiatan ekonomi bagi 515 pedagang, khususnya warga Kecamatan Samarinda Seberang,” ucap Andi Harun dalam sambutannya.

Ia mengatakan bahwa pada dasarnya keberadaan Pasar Baqa ini, selain bersih dan rapi pembangunannya pun sangat mendukung tata kelola kota.

“Allhamdulilah para pedagang sangat senang hari ini, selain bersih dan rapi pasar ini juga memiliki beberapa fasilitas diantaranya mushola, alat timbang dan satu-satunya pasar yang memiliki fasilitas lift sehingga memudahkan berbelanja khususnya warga kita yang lansia,” ujar Wali Kota.

Meski begitu, Andi Harun pun mengatakan bahwa ke depan pasar ini masih memerlukan perbaikan dalam berbagai hal. Diantaranya rencana penambahan kios, sehingga kedepan tidak ada lagi pedagang yang berjualan dipinggir jalan.

“Pelan-pelan kita akan tambah dan lakukan pendekatan kepada warga yang masih berjualan dipinggir jalan, kita ajak untuk berjualan ke dalam, tetapi tidak kita paksa. Apalagi pedagang juga gratis berjualan disini,” ungkap Walikota.

Selain itu, Walikota yang biasa akrab disapa AH ini meminta, baik bagi seluruh pedagang maupun masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan, agar bisa terjaga kenyamananya.

“Pasar ini pasar milik kita bersama, oleh karena itu saya berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan,” pungkasnya.(adv kmf)

Loading