Suport Majukan Kebudayaan dan Pariwisata Daerah, Berau Coal Turut Andil Sukseskan Pemilihan Duta Budaya, Wisata dan Putri Pariwisata 2024

Foto bersama pasca ajang Pemilihan Duta Budaya, Wisata dan Putri Pariwisata 2024.

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Sebagai bentuk komitmen PT Berau Coal turut serta memajukan berbagai bidang diwilayah Kabupaten Berau, terbukti dengan kembali terlibatnya perusahaan bergerak di sektor pertambanganbatu bara itu dalam sukseskan pelaksanaan ajang Pemilihan Duta Budaya, Duta Wisata dan Putri Pariwisata 2024, Sabtu (11/5/2024) lalu.
Keterlibatan tersebut wujud konsistensi PT Berau Coal dalam memajukan kebudayaan dan pariwisata di Bumi Batiwakkal. Melalui pemilihan putra dan putri terbaik daerah yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang menggandeng Asosiasi Duta Wisata Berau berkolaborasi bersama PT Berau Coal dan stakeholder lainnya, bertujuan dapat memberikan dampak positif bagi budaya dan wisata di Kabupaten Berau
Menurut penjelasan Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Duta Budaya, Duta Wisata dan Putri Pariwisata 2024, Annisa Oktadianti mengatakan kegiatan yang mengusung tema “Gerak Selaras, Gerak Sinergi Untuk Semangat Kolaborasi” itu terdiri dari beberapa tahap, yakni Interview dan Tes Tertulis, Pra Karantina, Unjuk Bakat, Karantina dan Grand Final. Semua itu bertujuan untuk membentuk para pemuda pemudi yang handal dalam mempromosikan Kebudayaan dan Pariwisata di Bumi Batiwakkal, Berau.
“Masing-masing peserta kita berikan materi mengenai pengetahuan tentang Berau baik itu kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif agar mereka dapat menjadi inisiator, educator dan promotor terkait budaya dan wisata Kabupaten Berau,” katanya.
Dirinya menambahkan, kegiatan ini telah menghasilkan prestasi baik di tingkat provinsi hingga nasional. “Dalam rentang tahun 2012 hingga 2019 kita berhasil masuk dalam top 3 pada tingkat provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Kemudian di tingkat nasional kita pernah masuk top 5 pada ajang Duta Budaya dan Putri Otonomi Daerah,” tambahnya.

Masih Annisa Oktadianti, dia juga mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal yang telah mendukung semangat anak muda untuk mengembangakan prestasi pada bidang budaya dan wisata di Kabupaten Berau.
“Terima kasih PT Berau Coal, dari dulu selalu support kegiatan yang ada di masyarakat. Hal ini membuktikan PT Berau Coal sangat mendukung semangat anak-anak muda untuk membanggakan Kabupaten Berau dengan menorehkan prestasi, khususnya pada bidang budaya dan wisata. Terima kasih banyak, kami juga diberikan kesempatan untuk menampilkan bakat teman teman finalis 2024 di Rumah Kemas Batiwakkal,” ucapnya.
Sementara itu Putra Duta Wisata Kabupaten Berau 2024, Charles Sambera Kalla merasa bersyukur atas amanah yang telah diberikan kepadanya. Dirinya berharap dapat mengharumkan nama Berau.
“Saya tentu saja merasa sangat bersyukur karena diberi amanah sebagai Putra Duta Wisata Kabupaten Berau 2024. Semoga gelar yang sudah diberikan tidak membuat saya cepat berpuas diri, namun menjadikan gelar tersebut sebagai pemacu semangat untuk lebih giat lagi dalam mengembangkan pariwisata yang ada di Berau. Terima kasih kepada seluruh sponsor yang terlibat, khususnya dari PT. Berau Coal yang sudah bersedia menjadi sponsor dalam ajang ini,” imbuhnya.
Senada dengan itu, Pamong Budaya Ahli Muda Disbudpar, Retno Kustiah berterima kasih kepada PT Berau Coal yang selalu menjadi mitra dalam memajukan budaya dan wisata di Kabupaten Berau.
“Kami berterima kasih kepada Berau Coal yang selalu bermitra dengan kami, mungkin hanya satu-satunya perusahaan yang selalu berperan aktif membantu kami. Berkat dukungan Berau Coal, kami bisa memperbesar kegiatan kami. Selama ini dukungan Berau Coal bukan hanya pada pemilihan ini tapi di kegiatan lain pun juga ada. Harapannya Berau Coal tetap eksis dan tetap bekerja sama dengan kami untuk mendukung kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten Berau,” papar beliau.
Sedangkan tanggapan Corporate Communication Superintendent PT Berau Coal, Rudini turut mengapresiasi pelaksanaan ajang Pemilihan Duta Budaya, Duta Wisata dan Putri Pariwisata 2024 yang sukses digelar. Menurutnya event tersebut selama ini telah berkontribusi dalam memajukan bidang budaya dan pariwisata di Kabupaten Berau.
“Melalui pemuda-pemudi bertalenta di Kabupaten Berau yang dijaring melalui event ini telah banyak berkontribusi dalam mendukung promosi budaya, wisata dan mengharumkan nama Kabupaten Berau baik di regional Provinsi maupun nasional. Tentu ini hal positif yang perlu didukung oleh para pihak untuk mendorong kemajuan wisata dan budaya lokal kita. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Berau dalam memajukan kearifan lokal,” pungkasnya.
Rudini juga menjelaskan bahwa dukungan PT Berau Coal dalam kegiatan ini merupakan salah satu dari upaya PT Berau Coal selama ini dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Berau dan pengembangan talenta lokal dalam bidang budaya dan wisata. Ia menyampaikan PT Berau Coal aktif dalam mendukung event-event budaya dan wisata, sarana dan prasarana dan bentuk dukungan-dukungan lainnya agar sektor pariwisata Kabupaten Berau dapat menjadi alternatif penopang ekonomi ke depan dan siap menjadi kabupaten penyangga IKN ke depan. (Nht)

Loading