Walikota Meresmikan Cold Storage SKIT di Teritif, Guna Memudahkan Biaya Operasional Pelaku UMKM

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Walikota Balikpapan Rahmad Masud didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan Herruresandy meresmikan fasilitas cold storage SKIT di Teritif Balikpapan Timur. Adapun keberadaan cold storage SKIT ini, guna mempermudah pelaku UMKM di Balikpapan, sehingga biaya operasional murah saat mengirimkan mengirim komoditas impor ke luar daerah.

Dalam sambutanya , Walikota Balikpapan Rahmad Masud menjelaskan, Inisiatif ini merupakan langkah strategis untuk mendukung Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang terus berinovasi dan berkembang. Keberadaan cold storage SKIT ini, dapat mempermudah pelaku UMKM di Balikpapan, sehingga biaya operasional lebih murah. Hal ini mengingat Balikpapan memiliki posisi strategis dan potensi yang sangat besar.

“Hampir 90 persen komoditas di Balikpapan selama ini diimpor dari luar daerah. Dengan keberadaan cold storage ini diharapkan bisa memudahkan pelaku usaha dalam menyimpan dan mendistribusikan produk mereka dengan lebih efisien,” ujarnya. Selasa(14/5/2024)

Rahmad menjelaskan, tentunya sarana dan fasilitas cold storage ini dirancang untuk mendukung para pelaku usaha agar biaya logistik mereka dapat ditekan seminimal mungkin. “Kami hadir tentunya bukan untuk mencari keuntungan, tetapi untuk memfasilitasi pelaku usaha. Diharapkan usaha mereka bisa tumbuh bersama fasilitas yang kami sediakan, sehingga bisa meringankan beban operasional mereka. Peresmian ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Dinas UMKM Kota Balikpapan,” tegasnya.

Lanjut Rahmad, adanya fasilitas ini diharapkan ekonomi Balikpapan bisa semakin meningkat dan memberikan kontribusi positif bagi daerah. Fasilitas cold storage ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan efisiensi rantai pasok dan memperkuat ekonomi lokal, terutama bagi para pelaku usaha kecil dan menengah di Balikpapan. Dengan demikian, Balikpapan bisa terus berkembang sebagai kota penyangga IKN yang handal dan inovatif. (*/pr)

Loading