Isi Ceramah Kepemimpinan Kewirausahaan pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Andi Harun Ungkap Pertama Kali Buka Bisnis Laundry di Yogyakarta

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Komplitnya pengalaman sosok Andi Harun yang sekarang menjabat wali kota Samarinda, baik di organisasi kepemudaan, politik, hukum hingga bisnis kembali membawanya dipercaya untuk mengisi ceramah pada pelatihan kepemimpinan.

Kali ini Andi Harun memberikan ceramah mengenai isu strategis kepemimpinan kewirausahaan pada acara Pelatihan Kepemimpinan Nasional Angkatan IX Tahun 202 di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD LAN, Rabu, (15/5/2024).

Pelatihan ini diikuti 60 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Berau, Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Banjar, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Buton Tengah, dan Kabupaten Bantaeng. Dimulai hari Senin lalu, pelatihan ini dijadwalkan berakhir pada September mendatang.

Andi Harun menyampaikan dalam beberapa tahun terakhir, materi pelatihan di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu mencakup Kepemimpinan Kewirausahaan.

Ia berbagi pengalaman pribadinya saat pertama kali memulai usaha, yaitu bisnis laundry di Yogyakarta yang kemudian dilanjutkan di Kota Samarinda. Belajar dari pengalaman orang lain, ia menekankan bahwa kesuksesan tidak selalu berawal dari sesuatu yang hebat.

“Sebuah perusahaan bisa menjadi hebat dan sukses justru berawal dari sesuatu yang sederhana,” ujar Andi Harun yang pada kesempatan itu juga menceritakan pengalamannya sebagai pengusaha tambang batu bara.

Dalam kesempatan itu diisi pula sesi tanya jawab, di mana para peserta berkesempatan untuk berdialog langsung dengan Wali Kota Samarinda. (adv-kmf)

Loading

Bagikan: