Tak Ada Pergeseran Batas Negara, Satgas Yonif Raider 303/SSM Rutin Patroli Patok

MALINAU, Swara Kaltim – Untuk mencegah kerusakan dan bergesernya patok negara Indonesia diwilayah Kabupaten Malinau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Serawak Malaysia.

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas-Pamtas) dari Yonif Raider 303/SSM Kostrad di pimpin Letkol Inf Taufik Ismail, melaksanakan Patroli Patok di Kampung Long nawang, kecamatan Kayan Hulu, Malinau, Kamis (12/9/2019).

“Ini salah satu tugas pokok prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad untuk melaksanakan patroli patok perbatasan negara Indonesia dengan Malaysia. Selain itu, patroli ini guna mencegah kerusakan dan bergesernya sejumlah patok perbatasan,” ungkap Taufik Ismail.

Bersama 10 personelnya itu, Taufik Ismail menyusuri sepanjang perbatasan melalui jalur darat dengan berjalan kaki sepanjang 10  kilo meter (KM). Tak heran, selama 2 jam perjalanan darat melalui jalan setapak, sungai, rawa dan tebing yang terjal, membuat patroli tersebut sangat beresiko untuk tiba di titik kordinat sejumlah patok perbatasan.

“Alhamdulillah, tidak ada penghalang dalam melaksanakan tugas negara untuk menjaga kedaulatan NKRI. Hal itu membuktikan bahwa hingga saat ini belum ditemukan adanya pergeseran patok di perbatasan. Sebab, masih sesuai dengan kordinat saat di cek melalui GPS,” jelasnya.

Selaku Dantsatgas Pamtas RI-Malaysia, Tafik Ismail menegaskan kepada seluruh prajurit Yonif Raider 303/SSM Kostrad, agar rutin melaksanakan patroli kewilayah tapal batas negara dengan mengecek semua patok batas RI-Malaysia.

“Patok batas menjadi tanggung jawab pengamanan seluruh prajurit dan jajaran Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, guna menjaga kedaulatan NKRI,” pungkasya. (Alpin/Riki)

Bagikan:

Related posts