Jelajahi Hutan Kaltimtara, Satgas Pamtas Rutin Patroli Batas RI-Malaysia

Cahyo: Patroli Juga Mengantisipasi Adanya Pelintas Batas Ilegal, penyelundupan dan lainnya

MALINAU, Swara Kaltim – Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas-Pamtas), Prajurit Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) Kostrad, yang bertugas di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, saat ini sudah menduduki di posnya masing masing yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Serawak Malaysia.

Di mana Satgas Pamtas ini mempunyai tugas dan tanggung jawab diwilayah perbatasan negara itu dan tugas pokok yang harus dilaksanakan kegiatan patroli patok secara rutin, karena disinyalir masih terdapat adanya Pelintas Batas illegal, ilegal logging, penyelundupan dan lainnya.

Selama 10 hari Komandan Pos Latang Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Letda Arh Cahyo bersama anggotanya melakukan patroli ditengah hutan belantara dengan berjalan kaki, melintasi tebing dan turun naik gunung yang curam, serta diwarnai kabut asap.

“Medan yang dilalui adalah sebuah jalan setapak setelah berada di suatu ketinggian, harus berhati hati dan mengutamakan faktor keamanan dalam menuruni tebing yang sangat curam dan terjal dengan batu batu karang yang sangat tajam,” ungkap Cahyo setelah berhasil mencapai 170 patok batas negara yang dinyatakan aman tampa ada pergeseran.

Patroli Patok ini sangat menguras tenaga Prajurit Yonif Raider 303/SSM Kostrad, namun demi keutuhan wilayah NKRI mereka tetap melaksanakannya dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi, sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan lancar dan aman sampai kembali ke Pos Latang Malinau.

Patroli Juga Mengantisipasi Adanya Pelintas Batas Ilegal, penyelundupan dan lainnya

“Setelah tiba di lokasi patok kegiatan selanjutnya mengadakan pembersihan sekitar patok karena sebagian ditumbuhi semak dan mengamati di sekeliling patok. Selain itu mengecek rute-rute jalan yang sering dilalui oleh masyarakat disekitar perbatasan untuk mengantisipasi terjadinya pencurian SDA dan pelintas batas ilegal,” terangnya.

Patroli patok merupakan tugas pokok dari pasukan branda NKRI itu yang bertanggungjawab terhadap keberadaan patok batas negara yang harus di pantau keberadaanya sesuai titik koordinat di peta batas negara.

“Ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad bagi seluruh prajurit yang bertugas di Pos Kotisnya masing masing dalam pelaksanaan patroli patok batas negara ini,” imbuhnnya.

Dikonfirmasi terpisah, pada Jumat (27/9/2019). Dansatgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Letkol Inf Taufik Ismail mengatakan, bahwa patroli patok rutin dilaksanakan oleh prajuritnya pada masing masing pos yang masuk diwilayah Kaltim dan Kaltara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

“Kegiatan Patroli Patok bagi Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad ini, menjadi pengalaman yang sangat mengesankan dan sangat membanggakan. Sebab, ini merupakan tantangan dan kesan tersendiri bagi seluruh Prajurit yang ditunjuk untuk ikut Tim setingkat regu dalam pelaksanaan patroli patok ini,” pungkas Ismail.

Penulis: Alfian

Editor: Redaksi

Bagikan:

Related posts