Berharap Ada Peningkatan UMKM Melalui Festival Seni Budaya Mahulu

MAHAKAM ULU, Swara Kaltim – DPRD Kabupaten Mahakam Ulu mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk kedua kalinya melaksanakan Festival Hudoq Cross Border yang dilaksanakan 23-26 Oktober 2019 di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

“Festival seni budaya kali ini terlihat rame, meriah dan rapi. Sehingga ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Artinya panitia telah sukses melakukan perbaikan teknis dalam pegelaran tersebut,” ungkap Ketua DPRD Mahulu, Novita Bulan kepada wartawan di Ujoh Bilang, Selasa (29/10/2019).

Bulan menyebut, Festival Hudoq Cross Border di Mahulu sangat tepat dan bermanfaat. Karena terjadi perputaran uang selama kegiatan diwilayah itu yang membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya festival ini, peralatan Hudoq dan asesoris yang menjadi peralatan adat, banyak dijual di stan pameran dengan harga terjangkau yang bernilai rupiah. Sehingga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta para pedagang kecil dapat meraih hasil dari kegiatan tersebut,” jelas Bulan.

Dengan semakin sering Pemkab Mahulu melaksanakan even bernuansa seni dan budaya daerah setempat. Bulan sangat mengharapkan ada kemajuan pembangunan dibidang pariwisata guna membangkitkan ekonomi kerakyatan masyarakat di 50 Kampung yang berada 5 Kecamatan se-Mahulu.

“Sangat berharap ada kemajuan dari sisi kualitas, kuantitas. Dan manajemennya dari pelaksanaan Hudoq Cross Border. Sehingga kedepan bisa menjadi sesuatu yang bisa kita kemas menjadi ikon pariwisata Mahulu,” pungkas Bulan.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi

Bagikan:

Related posts