Barometer Pilkada Dimulai, KNPI Kubar Bersikap Netral

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Setelah dilantiknya Canissius Arjan sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Kutai Barat (Kubar) periode 2019-2022, yang dihadiri Bupati Kubar FX Yapan, serta seluruh pejabat teras dan Anggota DPRD Kubar di Gedung Aji Tullur Jejangkat, Selasa (3/3/2020) kemarin.

Arjan panggilan akrab ketua terpilih sebagai wadah tempat berkumpul organisasi kepemudaan KNPI Kubar ini menyebut dalam sambutanya. Ia menegaskan bahwa organisasi pemuda yang dipimpinnya itu, tidak akan terjebak dalam politik praktis dalam Pemilukada serentak mendatang.

Bahkan pria kelahiran Kampung Besiq 13 Desember 1981 ini, justru meminta kepada seluruh 30 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) serta 16 pimpinan kecamatan (PK) se-Kabutapaten Kubar, untuk bersikap kritis terhadap semua kebijakan pemerintah agar terarah sepenuhnya pada kesejahteraan masyarakat.

“Sebelum saya dilantik, banyak teman teman wartawan menanyakan kemana arahnya KNPI Kubar ketika dalam pelaksanaan pesta demokrasi serantak diperhelatan Pilkada Kubar nanti. Tapi pada saat itu belum saya jawab. Karena KNPI tidak berpolitik, namun kita tetap mendukung program dan kebijakan pemerintahan saat ini,” tegas Arjan.

Lanjutnya, semua apa yang selama ini sudah terjalin baik dimasa kepemimpinan FX Sumardi sebagai Ketua DPD KNPI Kubar 2016-2019. Maka diera kepemimpinannya itu, Arjan akan terus meningkatkan hubungan baik ke pemerintah setempat. Bahkan akan membuat lebih baik lagi. Terutama mempertahankan persatuan dan persaudaraan pemuda di Bumi Tanaa Purai Ngeriman itu.

“Terkait barometer politik yang semakin memanas jelang Pilkada 2020 tahun ini. Saya menegaskan KNPI Kubar tetap bersikap netral. Namun saya tetap menghargai dukungan pribadi para pengurus dan anggota KNPI se-Kubar untuk berpolitik, selama tidak membawa nama organisasi kepemudaan ini,” tandas Arjan.

Arjan juga menegaskan, bahwa KNPI justru harus bermain politik di tatanan lebih tinggi. Katanya, jangan berpolitik praktis, tetapi berpolitik menjadi penyeimbang terhadap kebijakan pemerintah dalam mengisi pembangunan.

“Tugas kita sebagai pemuda KNPI di Kubar, akan selalu mendukung semua program kebijakan pemerintah. Oleh sebab itu, kita tetap merekatkan keharmonisan pemudan serta seluruh OKP yang ada di Kubar dalam rangka merajut bingkai persatuan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman ini,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi

Bagikan:

Related posts