Aksi FMP & Mahasisswa Lakukan Penyemprotan Disinfektan Masal

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wabah virus corona (covid-19) menyebar kian signifikan dan terus memakan korban, terutama di wilayah Kota Balikpapan sudah masuk zona merah, membuat warga Kota Samarinda cemas, atas dasar inilah Forum Masyarakat Peduli (FMP) Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Mahasiswa berinisiatif melakukan aksi penyemprotan desinfektan secara Massal.

Ketua FMP Kaltim Taukhid S.Pd, M.Si menjelaskan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan ini bertujuan untuk membantu pemerintah, dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

“Dan saat ini ada rekan-rekan dari mahasiswa yang turut serta membantu aksi penyemprotan Disinfektan massal ini, dan kami sangat mengapresiasi langkah teman-teman mahasiswa ini,” lanjutnya di tengah kegiatan penyemprotan massal di jalan Damahuri Kecamatan Sungai Pinang, Minggu (29/3/2020).

Ia mengatakan ada 30 orang personel yang terlibat dalam aksi penyemprotan Disinfektan missal ini yang terdiri dari FMP Kaltim, Mahasiswa dari UMKT dan dari Team BEM Unmul, serta dari Duta Damai dari binaan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

“Kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan pada hari ini ada tiga Kelurahan Kecamatan Sungai Pinang, yakni Kelurahan Gunung Lingai, Mugirejo, dan Sungai Pinang Dalam,” tuturnya.

“Untuk pusat keramaian masyarakat di seperti Pasar, Masjid, dan tempat keramian lainnya saat ini sudah di lakukan oleh relawan lainnya, dan kami menyisir dor to door ke rumah warga langsung,” ungkapnya.

“Namun, nantinya kami pasti akan melanjutkan kegiatan ini ketempat yang belum teman relawan lainnya lakukan, hal ini demi pencegahan dalam penyebaran virus tersebut,” terangnya.

Taukhid menghimbau kepada seluruh warga samarinda khususnya agar tetap menjaga kebersihan, dan menaruh tempat cuci tangan di rumah masing-masing agar terhindar dari virus corona ini.

“Merupakan langkah penting untuk menjaga kebersihan serta membunuh kuman bakteri serta virus yang ada terlebih Virus Corona yang menjadi target,” imbuhnya.

Di lain pihak Ketua regional Duta Damai Abdul Aziz menerangkan keikut sertaan tak lain guna mendukung gerakan aksi soladaritas peduli masyarakat.

“Biasanya kami melakukan propaganda positif atau semacam himbauan ke masyarakat kaltim pada umumnya terkait wabah virus Covid-19 ini, berupa informasi bagaimana cara pencegahan dan informasi bahaya nya virus ini,” ujarnya.

“Dan untuk saat ini kami fokus dalam penyemprotan Disinfektan massal, aksi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan di tunggu masyarakat untuk mengurangi keresahan masyarakat Samarinda pada khususnya,” ucapnya.

Wahyu selaku Staff Sosial Masyarakat perwakilan dari BEM Unmul juga menambahkan bahwa kegiatan aksi pencegahan penyebaran virus covid-19 ini tentunya upaya membantu pemerintah dalam menangani virus ini.

“Untuk itu kami turut serta dalam membantu FMP Kaltim, dan demi kemanusiaan diharapkan agar masyarakat bisa mengurangi keluar rumah agar terhindar virus ini dan sekaligus memutus penyebaran virus Covid-19 ini,” katanya.

Bagi warga ataupun tempat umum seperti rumah ibadah, sekolah, dan lainnya dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona, bisa datang langsung kesekretariaan di Gunung Lingai Gang Kina Baru RT 03 depan kantor Kelurahan Gunung Lingai, contact person 0813-1313-8539.

Penulis : (AI)

Editor : Redaksi (SK)

Loading