BREAKING NEWS: Hasil Rapid Test, Kubar Jadi 10 Orang Positif Covid-19

KUTAI BARAT,Swarakaltim.com – Pemkab Kutai Barat kembali mengumumkan hasil rapid test tahap kedua dari 20 warga Klaster Gowa yang saat ini menjadi penghuni Karantina di Asrama Paskibara Dispora Kubar, Minggu (12/4/2020).

Adapun hasil tersebut, terdapat 6 orang dinyatakan positif Covid-19. Disusul 3 orang warga yang telah di rapid test oleh PKM Jambuq, Kecamatan Bongan juga dinyatakan positif Covid-19.

“Hari ini tadi, kita lakukan rapid tes untuk tahap dua. Ternyata ada tambahan 9 orang yang dinyatakan positif. Sehingga jumlahnya menjadi 10 orang denga satu pasien yang saat ini menjalani Isolasi di RSUD Harapan Insan Sendawar,” ungkap Sekda Kubar, Yacob Tullur di Media Center Civid-19 Kubar, pukul 14.30 Wita.

Yacob Tullur menyebut, tim gugus tugas saat ini telah mempersiapkan ruang isolasi di Asrama Dispora Kubar untuk 9 pasien yang dinyatakan positif. Kemudian hasil rapid test kembali dikirim ke Surabaya untuk dilakukan Swab Test Covid-19.

“Sambil menunggu hasil Swab Test, kita sudah siapkan ruang isolasi. Dan hari ini tadi juga telah dilakukan penjemputan kepada 3 orang pasien positif di PKM Jambuq Kecamatan Bongan,” tuturnya.

Ia juga menegasakan, jika hasil rapid tes (serum) yang dikirim ke Surabaya telah dinyatakan 10 pasien tersebut terinfeksi virus corona. Maka pasien segera di isolasi yang telah disiapkan pemerintah yaitu RS Pratama Linggang Bigung.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan physical distancing, dengan menjaga jarak serta hindari kerumunan orang banyak. Lebih baik mencegah dari pada harus mengobati,” pesan Yacob Tullur.

Selain itu, ia menerangkan bahwa persiapan Rumah Sakit Pratama Linggang Bigung sudah siap 100 persen digunakan untuk isolasi khusus bagi sejumlah pasien yang nantinya dinyatakan hasil Swab Test terkonfirmasi Covid-19.

“Kembali saya mengingatkan agar semua pihak menjaga kesehatan dan mematuhi imbauan untuk menjaga jarak (physical distancing). Ini harus jadi perhatian semua orang dengan jaga kesehatan dan jaga jarak,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor. : Redaksi (SK)

Loading