Cegah Corona, Pegawai Diwajibkan Cuci Tangan

Loading

SAMARINDA,Swarakaltim.com
Sebagian pegawai Pemprov Kaltim melakukan kerja di rumah selama mewabahnya Virus Corona, namun sejumlah pegawai Biro Humas Setda Kaltim, tetap melakukan aktifitasnya di kantor karena ada beberapa agenda Pemprov yang harus mereka liput dan dokumentasikan.

Bagi pegawai atau tamu yang jumlahnya dibatasi itu, sebelum masuk ruangan wajib membersihkan tangannya dengan sabun. Kewajiban yang diakui Kepala Biro Humas Syafranuddin wajib dibudayakan ini, diimplementasikan dengan disediakannya tempat cuci tangan.

Anjuran pemerintah untuk mencuci tangan bertujuan untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), harus didukung dan terus dibudayakan karena tujuannya memang baik agar kita tetap bersih, ujar Syafranuddin.

Karenanya jangan kaget, jika akan masuk ruang Biro Humas Kaltim saat ini, ada terdapat tempat cuci tangan yang dibuat khusus. “Kalau tempat cuci tangan diletakkan di depan pintu seperti ini, orang mau masuk pasti langsung ingin cuci tangan karena letaknya strategis. Daripada diletakkan di belakang, tidak kelihatan,” kata pria yang akrab disapa Ivan ini.

Disebutkan, tempat cuci tangan yang mereka buat tidak rumit, yakni menggunakan tempat cuci piring yang banyak dijual, kemudian galon, penyedot galon otomatis dan ember. Semuanya dirangkai dengan sedemikian rupa untuk memudahkan dalam mencuci tangan. “Fungsi ember sebagai wadah penampung air bekas cucian tangan, sehingga jika sudah penuh mudah dibawa untuk dibuang, terangnya.

Ditegaskan Ivan, pegawai Humas terutama yang kerap berkomunikasi dengan masyarakat, wajib menggunakan masker. termasuk beraktifitas di kantor. Ada hikmah dari kasus Virus Corona ini, kalau kita dalami tentu luar biasa terutama terkait dengan kebersihan diri dan lingkungan, ujar Ivan yang ternyata didalam ruanganya juga ada tempat cuci tangan.

Kepala Sub Bagian Publikasi Humas Inni Indarpuri menambahkan, letak wadah cuci tangan di pintu masuk ini juga tak jauh dari Media Center. Sehingga, wartawan yang sedang berada di Media Center juga bisa memanfaatkan tempat cuci tangan ini.

“Kelangkaan sanitizer bisa diganti dengan cuci tangan memakai sabun dan ternyata jauh lebih efektif. Jangan lupa cuci tangannya minimal selama 20 detik,” imbuh Inni. Apalagi sabun juga lebih murah dan mudah didapatkan daripada sanitizer.(sdn)