Di Hari Buruh: Karya KPC Galang Dana Kemanusiaan

Di Hari Buruh Karya KPC Galang Dana Kemanusiaan

SANGATTA, Swarakaltim.com – Permintaan  pemerintah agar  pekerja  tidak menggelar aksi di masa pademi corona, tak dihiraukan ribuan  pekreja tambang di Sangatta terutama yang bekerja di lingkungan PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Di hari buruh se Dunia atau May Day, Jumat (1/5) lalu  mereka tetap beraksi dengan menggalang dana kemanusiaan. Peringatan yang digelar berbeda ini, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp354,5 juta.

Dana yang dihimpun, tidak saja dari buruh dan serikat pekerja tetapi   para guru dan pegawai di lingkungan sekolah KPC yang berada di bawah binaan  Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB) hasilnya terhimpun  Rp 60 juta. Sehingga total dana terkumpul pada penggalangan dana ini sebanyak Rp 414,5 juta.

Dana sokongan karyawan PT KPC ini,  diserahkan   GM Human Resources Khudori mewakili karyawan  kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kutim yakni  Bupati Kutai Timur  Ismunandar, disaksikan  pengurus Serikat Pekerja/Serikat Buruh, yakni, KORPPRA, SP-KEP, SBSl, FSP-KEP SPSI, PPMI dan SPK dan Serikat Pekerja Mandiri Sangatta.

GM External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan menyatakan, dana yang terkumpul itu akan disalurkan kepada masyarakat korban Covid-19 di Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon dan Rantau Pulung.

“Prioritas kami adalah mereka yang terdampak langsung Covid-19. Seperti kurang cukur, penjual gorengan di sekolah, tukang pijat,  penjual pentol, guru ngaji, supir angkot, ojek pangkalan dan lan-lain. Ada 12 kategori yang sudah kami petakan,” kata Wawan.

Bupati  Ismunandar menyatakan apresiasi dan rasa terima kasih atas dukungan karyawan dan guru di lingkungan KPC. “Terima kasih atas dukungan KPC dan serikat buruh serta para guru YPPSB. Semoga semangat gotong royong ini bisa berdampak langsung kepada masyarakat Kutai Timur,” kata Ismunandar.

Sementara Ketua Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Muhammad Jumhar menyatakan, aksi pengumpulan dana tersebut sebagai bentuk solidaritas para buruh untuk sesama warga yang terdampak Covid-19. Jumhar mengajak semua pihak agar memiliki keperihatinan yang sama, sehingga tidak ada warga yang harus kelaparan karena Covid-19 ini.

Selain menggalang  dana,  hari  May Day yang  dilakukan karaywan KPC dilanjutkan juga ditandai pembagian masker kepada pengguna jalan Yos Sudarso, Sangatta. Aksi sosial ini diikuti  Bupati Ismunandar, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, GM ESD Wawan Setiawan dan GM HR Khudori.(sdn)

Loading