Sayangi Keluarga Dikampung, Kapolres Kubar Minta Warga Tunda Mudik Lebaran

“Pergerakan Mudik Lebaran Berpotensi Menambah Penyebaran Covid-19”

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Sejak 24 April lalu pemerintah pusat melalui Presiden Joko Widodo resmi mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran bagi warga di Indonesia. Hal itu guna mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Berbagai daerah termasuk Provinsi Kalimantan Timur mulai menerapkan kebijakan menindak lanjuti instruksi presiden itu. Mulai dari menyekat daerah perbatasan hingga melarang angkutan penumpang dari transportasi Darat, Laut, Udara dan Sungai dilarang beroperasi.

Kemudian dalam sepekan terakhir pada bulan Mei ini, berbagaai daerah kabupaten/kota di Kaltim kembali mengikuti penerepan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik lebaran. Namun penerapan itu belum sepenuhnya ditaati masyarakat.

Oleh karena itu, Kepolisian Polres Kutai Barat (Kubar) gencar mensosialisasi larang mudik lebaran bagi masyarakat Kubar dan Kabupaten Mahakam Ulu. Berbagai upaya persuasif telah dilakukan agar warga mentaati aturan PSBB dibarengi larangan mudik lebaran.

Sosialisasi itu gencar dilakukan agar warga mentaati aturan pemerintah. Mulai dari himbauan jaringan media Koran dan eletronik hingga akun media sosial (Medsos) Humas Polres Kubar seperti Facebook dan Instagram yang ditujukan kepada masyarakat Kubar dan Mahulu.

“Kembali kita menghimbau kepada warga masyarakat di Kubar dan Mahulu, agar mentaati aturan pemerintah terkait PSBB dan larangan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri,” ungkap Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra belum lama ini di Media Center Covid-19 di Sendawar.

Pentingnya himbaun tersebut karena dapat menimbulkan pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik berpotensi menambah penyebaran Covid-19. Sebab wilayah ini tercatat 18 pasien positif telah menempati ruang isolasi RS Pratama Linggang Bigung dan pekan lalu satu diantaranya dinyatakan sembuh.

“Tujuan pemerintah hanya untuk menyembuhkan warga yang terpapar dengan harapan tidak ada tambahan kasus positif lagi. Oleh karena itu, agar warga dapat menunda sementara untuk mudik lebaran di tahun ini,” tutur Kapolres.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts