Pasien Sembuh di Kubar Bertambah, Lima Tenaga Medis Terbebas Corona

“Hasil PCR Negative, 5 Tenaga Medis Kubar Terbebas Dari Virus Corona (Covid-19)”

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Berdasarkan data dari Pusat Informasi Media Center Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hingga Senin (18/5/2020), jumlah pasien positif yang sembuh bertambah.

Selaku juru bicara penanganan percepatan Covid-19 di wilayah ini, Sekda Kubar Yacob Tullur mengumumkan kabar baik dari ruang isolasi RS Pratama Linggang Bigung ada 4 pasien positif dinyatakan sembuh, sehingga jumlah pasien sembuh menjadi 5 orang.

Hasil ini diperoleh berdasarkan 2 kali uji PCR (Polymerase Chain Reaction) yang diterima tim gugus Covid-19 dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya pada 18 Mei 2020.

“4 pasien positif telah dinyatakan sembuh dengan kode KBR 02 (laki-laki 18 tahun), KBR 08 (laki-laki 22 tahun), KBR 09 (laki-laki 45 tahun) dan KBR 13 (laki-laki 412 tahun),” ungkap Yacob Tulur dalam keterangan persnya ke awak media di Sendawar.

Ia juga menjelaskan kabar baik dari hasil negative PCR bagi 5 tenaga medis yang mengalami kontak erat dengan banyak orang juga dinyatakan terbebas dari Covid-19. Dimana para tenaga medis termasuk Dirut RS Harapan Insan Sendawar (HIS) sebelumnya hasil rapid tes dinyatakan positif.

“Ada 5 tenaga medis dinyatakan negative dari hasil Lab PCR di Surbaya yaitu, dr Akbar, dr Ery, dr Wayan, dr Waluyo dan Sumiati. Artinya mereka ini sudah sembuh, jadi jangan lagi ada stigma warga bahwa mereka ini terinveksi virus corona,” imbuh Yacob Tullur.

Sedangkan 4 pasien positif yang dinyatakan sembuh, dua diantaranya sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Sementara 2 pasien lainnya masih menunggu proses pemulangan dari tim kesehatan RS Pratama Linggang Bigung.

“Dua orang ini masih menunggu proses pemulangannya, karena tempatnya lumayan jauh berada di Kampung Jambuk Kecamatan Bongan. Karena disana harus disiapkan pihak keluarga untuk isolasi mandiri dan sementara dilarang bertemu dengan orang banyak,” tandas Yacob.

Dengan bertambahnya jumlah pasien yang sembuh dari total 18 kasus positif Covid-19 di Kubar. Maka tersisa 13 orang pasien yang saat ini berjuang dalam penyembuhan di ruang isolasi RS Pratama Linggang Bigung.

“Kita berdoa semua pasien positif Covid-19 dapat sembuh. Karena kita kasian dengan para tim medis yang bertugas di RSP Linggan Bigung, hingga saat ini mereka mengisolasikan diri dan tidak bisa ketemu sanak keluarganya,” terangnya.

(Reed- semoga tidak ada lagi tambahan kasus positif di Kubar. Sebab jika ada tambahan kasus baru, maka sampai kapan rekan-rekan tenaga medis bisa bertemu dengan keluarganya, karena disebabkan tambahan kasus positif yang harus ditangani mereka,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts