Hari Batik, Dekranasda Samarinda Gelar Webinar dan Belajar Membatik

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh tepat tanggal 2 Oktober setiap tahunnya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda menggelar acara Webinar bertajuk Pesona Batik Kalimantan Timur pada tanggal 5 Oktober 2020 pukul 14.00 WITA.

“Menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sekarang maka kami menggelar acara Webinar untuk merayakan Hari Batik Nasional tahun ini dengan tema Pesona Batik Kalimantan Timur,” kata Ketua Dekranasda kota Samarinda Puji Setyowati Jaang.

Acara akan berlangsung secara offline di Aula Rumah Jabatan Walikota dengan undangan sangat terbatas namun juga dibuka via online dengan fasilitas zoom dan ada juga live melalui saluran media sosial facebook, Instagram dan youtube, untuk bisa menjangkau audien yang lebih banyak.

“Kami akan menghadirkan narasumber Ketua Dekranasda Prov Kaltim Ibu Hj Norbaiti Isran Noor, Disainer dan Pengamat Mode dari Jakarta Sony Muchlison, MSn serta dari Samarinda Ibu Fanti W Nurvita yang juga owner Hesandra. Kemudian untuk opening speech nya nanti Bapak Walikota Samarinda dan Kepala BI Kaltim Bapak Tutuk SH. Cahyono,,” lanjut Ibu Walikota Samarinda ini menerangkan kepada awak media.

Selanjutnya menurut Ketua Harian Dekranasda Kota Samarinda Muhammad Faisal pada kesempatan acara ini juga akan dilaksanakan pemberian bantuan untuk para pengrajin batik tulis dan untuk pertama kalinya juga ada diberikan piagam penghargaan.

“Kami juga akan menyerahkan bantuan peralatan membatik seperti canting dan kompor kepada para pengrajin batik tulis di Samarinda sebanyak 30 paket namun nanti secara simbolis saja serta ada penyerahan piagam penghargaan untuk pertama kalinya kepada yang telah berjasa dalam hal pengembangan dan pelestarian batik tulis di Samarinda,” ujar Kadis Perindustrian kota Samarinda ini.

Untuk jelasnya nanti, silahkan datang atau mengikuti via online kegiatan webinar ini melalui fasilitas zoom atau kalau yang ingin santai saja bisa nonton live streamingnya melalui media sosial.

“Nanti juga akan ada beberapa doorprize untuk peserta webinar ini dan khusus peserta yang ingin mendapatkan e-sertifikat silahkan mengikuti melalui fasilitas zoom yang kami siapkan,” lanjutnya.

Sedangkan program Belajar Membatik dilaksanakan di Lobby Hotel Aston Samarinda pada tanggal 2 Oktober mulai pukul 2 hingga sore hari.

“Atiiqna Batik Samarinda akan mengajak kita belajar membatik, pada hari Batik di lobby Hotel Aston sekaligus mengenalkan karya mereka berupa kain batik tulis Samarinda,” ungkapnya mengakhiri. (dho)

Bagikan:

Related posts