Tahun Depan Penggunaan Speed Bout SOA Difokuskan Kewilayah Hulu Riam

Caption: tampak warga penerima kartu SOA saat hendak berangkat menggunakan Speed Bout gratis dari dermaga Tering Geruty Kubar, menuju Kabupaten Mahulu

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Dalam rangka membantu masyarakat di wilayah perbatasan, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, memberikan subsidi ongkos angkut (SOA) transportasi speed bout jalur sungai Mahakam.

Pemberian subsidi SOA khusus bagi masyarakat lima kecamatan se-Mahulu ini, untuk mengurangi beban ongkos angkutan barang maupun penumpang ke wilayah sekitarnya, yang diberlakukan sejak 2017 lalu.

Adapun speed bout SOA ini beroperasi menjadi dua bagian. Dengan rute armada  speed bout menggunakan mesin 200 HP bergandeng 2 unit, menuju wilayah hulu riam dari Dermaga Pelabuhan Batoq Kelo, Kecamatan Long Long Bagun ke wilayah perbatasan di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari di Tiong Ohang.

Kemudian untuk rute wilayah hilir, masing-masing armada speed bout  SOA menggunakan 1 unit mesin 200 HP, dengan tujuan dari Long Bagun dan Ujoh Bilang hingga ke dermaga Geruty di Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat.

“Penggunaan nya gratis khusus warga yang memiliki kartu SOA. Kemudian warga yang tifak mendapatkan kartu tersebut, namun ber KTP Mahulu ni dikenakan biaya tarif raguler 50 persen,” ungkap Kepala Dishub Mahulu Toni Imang, melalui Kabid Transportasi Darat dan Sungai Dishub Mahulu, Darsono kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Agar penggunaan SOA ini tepat sasaran, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Capil dan Dinas Sosial. Melalui data itulah Dishub Mahulu mengeluarkan kartu SOA yang dibagikan kepada warga yang kurang mampu.

“Namun kita lihat selama ini, kebanyakan warga yang tidak memiliki kartu SOA, alias masyarakat umum yang ber KTP Mahulu sering mengunnakan jasa transportasi wilayah hilir, namun di kenakan tariff reguler dengan pemotongan harga 50 persen,” jelasnya.

Melihat kondisi arus transportasi speed bout SOA wilayah hilir yang kurang diminati oleh warga kurang mampu. Maka Dishub Mahulu akan memfokuskan rute angkutan subsidi pemerintah ini ke wilayah kecamatan di hulu riam pada tahun 2021 mendatang.

“Karena speed bout SOA sangat dibutuhkan dan membantu warga di wilayah Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari di Tiong Ohang dengan gratis. Sebab jika mereka menggunakan speed bout reguler, maka harus mengeluarkan biaya hingga Rp1 juta per orang,” tuturnya.

Dimasa pendemi Covid-19, lanjut Darsono, penggunaan speed bout SOA rute wilayah hilir Long Bagun-Tering, menyesuaikan aturan Pemkab Mahulu terkait system buka tutup wilayah. Sehingga jadwal keberangkatan dari dan ke pusat ibu kota Mahulu di Ujoh Bilang terbatas.

“Namun speed bout SOA tetap stanbay, jika ada hal yang urgen dan perlu penggunaan jasa angkutan subsidi tersebut. Seperti mengangkut warga yang sakit dan orang meninggal. Speed bout biasa digunakan walaupun di masa tutup wilayah, akibat pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Penulis : Riki

Editor   : Alfian

Bagikan:

Related posts