Setiap Tahun Pemkab Mahulu Gelontarkan Rp10 Miliar Untuk SOA

Loading

Caption: Kabid Perhubungan Darat dan Sungai Dishub Mahulu, Darsono saat ditemui wartawan, Senin (12/10/2020).

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Selama empat tahuh berturut turut, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab-Mahulu) mengalokasikan anggaran biaya perkembangan dan pertumbuhan daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Serawak Malaysia ini.  

Salah satu manifestasi dari ekspektasi itu, selain meningkatkan sarana infrastruktur, hingga membuka konektivitas wilayah di perkampungan. Tak hanya itu, masa kepemimpinan Bupati Mahulu Bonifaius Belawan Geh dan Wakil Bupati Y Juan Jenau, telah merealisasikan program Subsidi Ongkos Angkut (SOA).

Program SOA ini dikelola Dishub Mahulu, untuk mengurangi beban ongkos angkutan barang maupun penumpang melalui transportasi jalur sungai dengan armada speed bout. Dimana setiap tahunnya digelontarkan Rp10 miliar dari sumber pembiayaan APBD Mahulu.

Melalui Koperasi pengelola SOA, ada 15 unit armada speed bout berbadan besar melayani jasa transportasi ke wilayah hulu riam dari Long Bagun-Long Apari. Kemudian untuk wilayah hilir Long Bagun-Tering, ada 20 unit armada speed bout yang beroperasi setiap harinya.

“Selama 4 tahun program SOA ini sangat membantu masyarakat kurang mampu menggunakan jasa transportasi speed bout. Karena gratis bagi warga setempat,” ungkap Kepala Dishub Mahulu Toni Imang, melalui Kabid Perhubungan Darat dan Sungai, Darsono kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Untuk tahun 2020 ini, sambung Darsono, penggunaan alokasi anggaran Rp10 miliar untuk pemberian SOA telah mencapai 70 persen. Menurutnya penggunaan anggaran subsidi transportasi angkutan speed bout ini, cukup efektif beroperasi sejak 2017 lalu.

“Setiap tahun speed bout SOA lebih diutamakan pada perayaan hari-hari besar, seperti hari raya lebaran, hari raya natal dan menyambut tahun baru. Karena banyak masyarakat yang membutuhkan jasa transportasi sungai ini untuk milir-mudik,” tukasnya.

Oleh karena itu, Darsono menghimbau kepada masyarakat umum khususnya warga penerima kartu SOA untuk menggunakan jasa angkutan transportasi speed bout wilayah hulu dan hilir yang telah disubsidikan oleh Pemkab Mahulu. Selain gratis, angkutan tersebut tepat waktu sampai di tujuan.

Penulis : Riki

Editor   : Alfian