Rahmad-Thohari Janji BPJS Kesehatan dan Pendidikan Gratis

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pasangan calon tunggal Kepala Daerah Kota Balikpapan Rahmad- Thohari berjanji, berkomitmen ketika nanti mereka berdua dinyatakan sebagai pemenang kontestan Pilkada Balikpapan 2020. Akan menggratiskan BPJS Kesehatan kelas tiga dan biaya pendidikan hingga SMA sederajat.

Hal ini disampaikan Rahmad saat berkampanye dihadapan pendukungnya. Keyakinan dan niat dirinya itu dikatakannya terinspirasi dari kebijakan adik kandungnya sendiri yang kini menjabat Bupati Penajam Paser Utara- Abdul Gofur Masud yang telah menggratiskan BPJS Kesehatan untuk pasien kelas tiga.

“BPJS Kesehatan ini akan kita minta untuk diringankan. Di penajam aja BPJS Kesehatan gratis, pendidikan gratis, masa Balikpapan tidak. Malu saya sama adik Gofur, ” Kata Rahmad seraya tertawa.

Selain meminta keringanan BPJS Kesehatan, Rahmad juga menyatakan komitmen menggratiskan biaya pendidikan hingga SMA sederajat. Ia tekankan generasi penerus di Balikpapan minimal berpendidikan terakhir SMA sederajat.

Ketua DPC Partai Golkar ini mengatakan, kebijakan ini secara khusus untuk mengakomodir warga Balikpapan kategori berpenghasilan rendah yang kesulitan membiayai sekolah anak-anak mereka.

“Sekolah dan kesehatan itu menjadi hak warga negara yang telah diatur oleh undang-undang bahwa setiap orang susah, fakir miskin, anak terlantar dan yatim piatu harus dipelihara oleh negara, ” Ujarnya.

“Tentu saja kebijakan ini nantinya juga akan di dukung oleh pengembangan dan pembangunan infrastruktur penunjang seperti penambahan ruang belajar dan fasilitas kesehatan,” kata Rahmad menambahkan.

Rahmad mengatakan, program tersebut telah disampaikan kepada Ketua DPRD Balikpapan- Abdullah, yang juga merupakan kader Partai Golkar. Menurutnya Abdullah menyetujui rencana program tersebut, setelah melihat kemampuan anggaran keuangan daerah.

“Keuangan daerah kita inshaAllah sanggup kok. Percayalah bapak ibu pembangunan kita ini atas berdasarkan RPJMD. Kalau tidak ada RPJMD tidak mungkin pembangunan itu terealisasi karena saya calon tunggal,” kata Rahmad. (*SIS).