Desa Benua Puhun Siapkan 500 Ha Program Oplah Rawa 2021

Loading

Caption: Ketua BPD Benua Puhun  Kecamatan Muara Kaman bersama pengurus lainnya sedang menunjukkan lokasi percetakan sawah yg sedang di usulkan untuk program Oplah Rawa 2021 

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terdaftar lumbung pangan karena memiliki wilayah yang sangat luas yakni 2.726.310 hektare, sehingga berpotensi untuk mengembangkan sektor pertanian.

Beberapa wilayah desa menjadi pusat perhatian Kementerian Pertanian (Kementan) RI seperti salah satunya wilayah Kukar yakni Desa  Sebuntal Kecamatan Muarang Kayu sudah dilaksanakan Optimalisasi Lahan Rawa seluas 300 H dalam peningkatan produksi pertanian tahun 2020, dan 100 hektare di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang juga telah di buatkan percetakan sawah oleh TNI-AD bekerjasama dengan Pemkab Kukar dan PT. Bumi Hijau Pangan beberapa waktu lalu.

Caption: Sebelah kiri Ketua BPD Samlan didampingi Wakil Ketua BPD Fairil dan anggotanya ibramsyah serta imran saat di ambil gambar di lokasi lahan rawa 

Masih banyak lahan desa wilayah kabupaten kukar yang bisa di manfaatkan dalam program ketahanan pangan oleh pemerintah pusat melalui kementan RI, seperti Desa Benua Puhun Kecamatan Muara Kaman memiliki tanah rawa selua 500 Ha yang bisa di manfaat dalam program Oplah rawa tahun 2021.

Ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Benua Puhun Samlan mengatakan desa mereka siap untuk mebantu program Pemkab Kukar dan ada tanah warga yang dihibahkan ke desa untuk dilakukan percetakan sawah.

“Hal ini berdasarkan rapat musyawarah desa yang kami lakukan dan mengambilkan keputusan untuk menghibahkan ke pemerintah desa (pemdes) dalam rangka membantu program Pemkab Kukar dalam meningkatkan produksi pertanian,” lanjutnya.

Ia mengatakan sudah mengusulkan kepada Pemkab Kukar agar disegerakan pelaksanaan percetakan sawah di lahan ini, dengan melalui pemdes kami,” ujarnya.

Menurutnya persedian air untuk irigasi sudah disiapkan dan ada dua titik, dan sangat cukup jika terjadi adanya musim kemarau nantinya.

“Sedangkan tenaga kerjanya juga dari masyarakat di sini bersedia untuk mengerjakan, dan tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Benua Puhun,” ungkapnya.

Is berharap dengan Pemkab Kukar bisa merealisasikan dan masuk program Oplah rawa tahun 2021. (ADV/AI)

Editor:Doni