DLH Kerahkan 80 Personil, Keroyokan Kerja Bakti Kurangi Banjir di Simpang 4 Sempaja

SAMARINDA, Swara Kaltim. Melaksanakan program kerja 100 hari Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Wakil Wali Kota Rusmadi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Samarinda mengerahkan 4 regu dalam kegiatan Kerja Bakti mengurangi banjir Simpang 4 Sempaja yang langsung dipimpin Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi, Sabtu (27/3/2021) pagi tadi.
“Hari ini kita DLH mengerahkan 4 regu, dimana tiap regu terdiri dari 20 orang dan 1 armada. Total 80 personil dan 4 armada,” ucap Nurrahmani disela-sela kerja bakti.

Yama—demikian Nurrahmani disapa mengharapkan kegiatan kerja bakti ini bisa mengurangi banjir di daeraha sini, baik tingkat waktu genangannya maupun luasan genangannya.
“Yang penting lagi kami sangat mengharapkan peran serta warga agar tidak membuang sampah. Dimana ini memberi kontribusi menghambat jalannya air di drainase,” pesan Yama.
Terlebih kesadaran dari warga bagaimana komitmen bersama dalam persoalan ini.
“Ini aja tadi di salah satu ruko, membuang limbah MCKnya di tepi jalan umum. Tapi sudah diminta Pak Wawali dibongkar. Ini bukan hanya pelajaran dari pemilik bangunan, tapi pelajaran bagi yang lainnya,” kesal Yama.
Sebelumnya Rusmadi menyampaikan aksi ini untuk menyelesaikan persoalan banjir. Dimana di Sempaja ini persoalannya sedimentasi dan bottleneck atau terhambatnya aliran air di drainase.
“Siapapun konsultannya, termasuk kita kalau tidak dibantu warga tidak mungkin bisa menyelesaikan persoalan,” jelasnya.
Jadi menurutnya selama apa saja yang menghambat jalannya air, ini langsung diangkat dan diselesaikan maka air akan lancar.
“Jadi bagaimana kita bisa mengolah jalannya air,” tegas Rusmadi.
Selain dari DLH turun dalam aksi kerja bakti tersebut, yakni Dinas PUPR menurunkan tim swakelola yang biasa dikenal hantu banyu didukung alat-alat beratnya, pasukan dari PMK, aparat Satpol PP, Dinas Perhubungan serta jajaran kecamatan Samarinda Utara dan kelurahan se Samarinda Utara termasuk warga yang dikoordinir ketua RT.(dho)

Bagikan:

Related posts