Serahkan LKPD Tahun 2020, Andi Harun Minta BPK Audit BUMD

SAMARINDA, KOMINFONEWS, Swarakaltim.com – Pemkot Samarinda menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 kepada BPK RI Perwakilan Kaltim, Senin (29/3/2021) siang. Penyerahan laporan ini dilakukan langsung Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun, di Kantor Perwakilan BPK RI, Jalan M Yamin Samarinda Ulu, disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin.

Dalam arahannya, Andi Harun mengaku bersyukur, karena meski di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), namun penyerahan laporan keuangan bisa dilaksanakan tepat waktu kepada BPK RI sesuai regulasi yang ada.

“Dari laporan ini, alhamdulillah Pemkot Samarinda sudah enam kali meraih predikat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian, Red) hingga tahun 2019. Harapan saya semoga LKPD tahun 2020 juga bisa memperoleh predikat yang sama,” kata Wali Kota.

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada BPK RI yang telah melakukan pembinaan dalam peningkatan tata kelola keuangan yang baik di lingkungan Pemkot Samarinda. Tak itu saja, mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim ini juga menginginkan tata kelola keuangan yang baik juga bisa diwujudkan di lingkungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik pemerintah.

Karena itu, ia berharap agar kepala daerah nanti bisa diberi ruang agar menunjuk BPK untuk melakukan audit keuangan pada BUMD yang bernaung di bawah Pemkot Samarinda. “Dalam waktu dekat, saya akan mencoba mengatur waktu bertemu khusus ketua BPK Kaltim untuk membicarakan hal ini. Karena jujur, saya penasaran dengan kinerja keuangan BUMD kita selama ini,” aku Andi Harun.

Ia beralasan, jika BPK RI nanti melakukan audit lanjutan kepada BUMD, setidaknya Wali Kota bisa mendapat informasi keuangan secara detail. Sehingga sambung dia, ketika mengambil keputusan untuk memaksimalkan meningkatkan PAD, Wali Kota tidak salah langkah lagi.

“Maksudnya supaya saya dapat second opinion jika dalam menentukan kebijakan hasil dari audit nanti. Karena harapan kita BUMD ini bisa produktif untuk diandalkan dalam membantu pemerintah meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah, Red),” urainya.

Selain itu, ia juga yakin dengan kinerja BPK yang mampu menjaga kualitas auditor baik secara individual maupun secara kelembagaan yang dilindungi secara Undang-Undang dan hukum.

Terpisah, Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Dadek Nandemar menyambut baik permintaan dari Wali Kota Andi Harun ini. “Arahan Pak Wali sudah jelas. Jadi kami akan menambah satu orang petugas khusus untuk mengaudit laporan keuangan BUMD, tapi sifatnya masih secara umum dulu,” ungkapnya.

Terkait penyerahan LKPD yang lebih cepat, Dadek sendiri memberikan apresiasi kepada kinerja jajaran Pemkot Samarinda. Karena. Selain Samarinda, Pemkab Kutai Barat juga telah melakukan hal yang sama. Hal ini menurutnya menunjukkan capaian yang cukup positif.

“Jadi sebenarnya pandemi bukan menjadi halangan bagi kita untuk meningkatkan produktifitas kinerja, termasuk kami di sini Jadi dua bulan ke depan, tim akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan terhadap laporan yang diberikan kepada kami,” terang Dadek. (CHA/HER/KMF-SMD)

Publisher : Alfian (SK)

Loading