Ditengah Krisis Pandemi, Pemuda Kubar Mengglobal dan Berprestasi

ISTANBUL, Swarakaltim.com – Event Internasional menjadi agenda awal tahun di Istambul Youth Summit 2021, yang diikuti ratusan peserta dari berbagai latar belakang siswa-siswi tingkat SMA, Mahasiswa, hingga Fress Graduate berkumpul di ajang tukar pikiran dalam diskusi isu terkini.

Kegiatan berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 22 hingga 25 Meret 2021 di Hotel Ramada yang berada di pusat Kota Istambul Turki ini, mengangkat tema “Leadership Public Through Crisis”, atau (kepemimpinan melalui masa krisis), sehingga peserta yang terlibat, turut menghadirkan solusi dengan gerakan diranahnya masing-masing.

Event nasional ini menjadi kebanggaan ratusan peserta diantaranya Fahrian pemuda asal Muara Kedang Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat, turut menjadi bagian dari delegasi di agenda IYS 2021, dengan ketiga orang delagasi lainnya dari Universitas Mulawarman, yaitu Aulia Furqon, Agus Salim dan Affan Aswin.

Pemuda asal Kubar yang akrab disapa Fahri ini, merupakan mahasiswa Teknik Sipil Universitas Mulawarman Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dengan latar belakang keilmuannya bersama dengan timnya Action.ID mengangkat permasalahan mengenai “Perubahan Iklim”.

Fahri menyebut, perubahan iklim merupakan tantangan besar dikemudian hari. Karena begitu banyak faktor penyebabnya, seperti efek rumah kaca, penggunaan transportasi bermotor yang semakin meningkat, kondisi ruang terbuka hijau yang minim diperkotaan dan banyak lagi lainnya.

“Kemudian kita usung Campaign Action.ID sebagai gerakan sosial yang bertujuan untuk melakukan kampanye pencerdasan cinta lingkungan dan sadar akan perubahan iklim dengan melalui program action talk yang dilakukan melalui Instagram, podcast dan media sosial lainnya. Serta mewadahi bagi muda-mudi yang memiliki kemampuan inovasi barang ramah lingkungan,” Ungkap Fahri sebagai Chief Of Finance Action.ID, kepada swarakaltim.com.

Dari kegiatan tersebut, penghargaan Honorable Mention Project, atau disebut dengan (penghargaan project), turut diraih Fahri dan Tim Action.id.

“Alhamdulillah, penghargaan ini bagian dari pencapaian proses panjang yang sudah kita perjuangkan bersama. Terimakasih juga kapada semua pihak yang terlibat mendukung dan orang tua juga terkhususnya sebagai motivator utama. Semoga dengan segala pencapaian kali ini mampu melejitkan semangat anak Muda Kaltim lainnya, untuk berkolaborasi bergerak dalam karya ataupun aktivitas kebermanfaatan lainnya. Jadilah bagian dari barisan solusi ditengah krisis saat ini,” tutur Fahri.

Hal yang sama diraih Aulia Furqon dan timnya GNYD (Government In Youth Hand) pada event nasional itu, bersama timnya ia mendapat penghargaan, Outstanding Group dan Outstanding Project.

“Waktunya muda-mudi yang bergerak dalam pembangunan masyarakat, menjadi mitra kritis pemerintah, dengan memulai gerakan yang nyata bersama masyarakat,” jelas Aulia Furqon sebagai Leader Of GYND.

Kegiatan Istambul Youth Summit atau biasa disebut (IYS) ini, menghadirkan pembicara international, seperti Ahmet Atabas selaku kepala departemen dari mahasiswa international penerima beasiswa YTB Turki, yang turut hadir membahas mengenai Beasiswa dari Pemerintah Turki untuk mahasiswa International.

IYS juga menghadirkan pembicara Nasional dan International lainnya seperti Billy Mambrasar (staffsus Presiden RI), lalu Muhammad Iqbal (Dubes Indonesia untuk Turki) dan juga Aziz Syamsuddin (Wakil Ketua DPR RI), yang dihadirkan membahas mengenai peran Pemuda di masa krisis, serta memotivasi para peserta untuk turut aktif melakukan gerakan diberbagai macam sektor, seperti pendidikan, sosial, lingkungan, kesehatan, ekonomi hingga pemerintahan untuk berbarengan melalui masa krisis.

Begitu banyak narasi gagasan para peserta yang didiskusikan, serta pembicara nasional dan international yang terlibat membuat IYS 2021 sebagai ajang Summit cukup bergengsi di tahun 2021 kali ini.

Sesuai dengan visinya IYS yakni membentuk calon pemimpin masa depan yang kontributif bagi bangsa dan negaranya. (*Fahri)

Editor : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts