Harus Bangkit, Rinda Andi Harun Buka Pameran UMKM dan IKM di Hotel Mercure

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun penuh semangat membuka Pameran UMKM dan IKM di City Centrum Hall Hotel Mercure-Ibis, Samarinda.

Pameran se Kaltim yang diselenggarakan selama 3 hari, 30 April-2 Mei ini merupakan kolaborasi Dinas Perindustrian Samarinda, Dinas Perindagkop Kaltim, Dinas Pariwisata Kaltim, BPD ASEPHI Kaltim dan Hotel Mercure-Ibis.

“Mewakili warga Samarinda, pelaku UMKM dan IKM menyampaikan terima kasih kepada manajemen hotel Mercure-Ibis. Luar biasa sekali, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Mohon tolong dukung terus UMKM dan IKM yang setahun lebih terpukul karena pandemi Covid-19,” ucap Rinda dalam sambutannya ketika membuka, Jumat (30/4/2021) sore.

Rinda mengatakan Covid telah membikin anjlok perekonomian, termasuk dunia pariwisata yang didalamnya ada jasa perhotelan begitu pula pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) pun terkena imbasnya.

Oleh karena itu Rinda mengajak semua mendukung untuk membangkitkan UMKM dan IKM, salah satunya seperti kolaborasi bersama dengan melaksanakan pameran ini.

“Tapi kita juga tidak bisa lengah. Jangan sampai teulang lagi dengan naik kembali kasus Covid. Tapi, Covid juga jangan membikin lemah semangat kita. UMKM bangkit,” seru isteri wali kota Samarinda ini yang hadir didampingi Plt kepala Dinas Perindustrian Samarinda Rita Dinar dan pengurus Dekranasda Fitriani Najamudin Jawad.

Untuk itu, Rinda kembali mengapresiasi panitia penyelenggara, karena telah memberikan wadah bagi para pelaku UMKM dan IKM untuk menampilkan produknya dalam konteks pengembangan jaringan pemasaran yang inovatif.

Rita menambahkan melalui pameran ini, dapat mengakselarasi geliat ekonomi khususnya industri kecil.

Sebelumnya General Manager (GM) Mercure-Ibis Hotel Samarinda Budi Wahjono mengatakan ada sebanyak 26 stan diisi para pelaku UMKM dan IKM dari beberapa daerah di Kaltim terlebih mendominasi Samarinda.

“Kegiatan kita ini non profit, jadi kita tidak memungut biaya. Kita support stan dan fasilitasi demi bersama membangkitkan UMKM dan IKM di Samarinda khususnya dan Kaltim umumnya,” ungkap Budi.

Budi mengatakan kegiatan pameran merupakan program rediscover yang ada di grup hotel mereka (Accor Grup) dalam memberdayakan sumber daya lokal.

“Kalau di Mercure-Samarinda, memberdayakan sumber daya lokal khususnya di Samarinda, umumnya di Kaltim,” ungkap Budi.

Sehingga diharapkannya pelaku UMKM dan IKM bisa bangkit setelah 1 tahun lebih masih dilanda pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu kita melaksanakan pameran ini selama tiga hari mulai Jumat 2 Mei ini hingga hari minggu. Bulan hanya untuk tamu-tamu hotel saja, terbuka untuk umum,” imbuhnya.

Adapun pesertanya terdiri dari stan produk makanan, herbal, handicraft, batik, bordir dan lainnya.

“Ada juga travel agent dan UMKM destinasi. Kita gerak bareng-bareng untuk menghidupkan pariwisata dengan ikut membangkitkan UMKM dan IKM. Ini tujuannya,” tegas Budi.(dho)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts