Ribuan Napi Narkotika Salat Id Bersama Kakanwil Kemenkumham Kaltim

Sofyan: Ada 5.278 Napi terima remisi, Kemudian 22 Orang terima remisi bebas

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Samarinda melaksanakan salat Id di lingkungan Masjid Lapas Narkotika yang turut di hadiri Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan SH pada Kamis (13/5/21).

Pada kegiatan salat Id tersebut ribuan napi mendengarkan pidato atau tausiah meskipun suasana lebaran di dalam balik tembok Lapas mereka tetap bersemangat menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1442 H tersebut.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan SH membacakan sambutan Menteri Hukum dan Ham mengatakan, agar warga binaan bisa menyadari kesalahannya, selalu bersabar dan menerima apa yang tengah dijalani saat ini, serta bertekad untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

“Saya yakin dan percaya kepada seluruh warga binaan yang ada di Lapas Narkotika ini, untuk lebih banyak bersabar dan berserah diri kepada Allah SWT,” ungkap Sofyan.

Selain itu, ia juga menyarankan kepada seluruh warga binaan agar terus berdoa untuk diberi kesehatan dan keselamatan hingga selesai menjalani hukuman dan kembali dengan baik agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari tanpa di hantui rasa bersalah.

Sofyan menyebut, pemberian remisi pada momen Hari Raya Idulfitri diharapkan mampu mengurangi over kapasitas yang terjadi di seluruh Lapas dan Rutan yang ada di Kaltim.

“Ada 5.278 orang warga binaan se-Kaltim yang mendapat remisi pada momen Hari Raya Idulfitri. Dari total keseluruhan 12.624 narapidana. Kemudian sebanyak 22 narapidana menerima remisi bebas, sementara sisanya memperoleh pengurangan masa hukuman,” tuturnya.

Menurutnya daya tampung rutan dan lapas yang ada, mengalami over kapasitas sekitar 292 persen dengan daya tampung hanya 3.596 narapidana. Sedangjan saat ini warga binaan mencapai dengan jumlah total 12.624 warga binaan.

“Sehingga dengan adanya remisi ini, meski sedikit bisa mengatasi masalah kelebihan daya muat ini,” tukasnya. (*/AI)

Editor : Alfian (SK)

Publisher : Rin

Bagikan:

Related posts