Sekjen Kemhan: Kami Perlu Lihat Langsung Lokasi IKN

BALIKPAPAN,  Swarakaltim.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Donny Ermawan mengungkapkan dalam rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kaltim yang diinisiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kemhan membentuk kelompok kerja (pokja) terkait pertahanan dan keamanan di lokasi baru IKN. 

“Pokja merasa perlu berkunjung untuk melihat langsung atau visual sehingga tidak berdasarkan peta atau laporan saja. Intinya kunjungan ini ingin memastikan plot-plot untuk lokasi istana dan lainnya. Melihat di lapangan apakah ada permasalahan atau tidak, terutama untuk aspek pertahanan dan keamanan (hankam),” ungkap Donny saat menyampaikan sambutan singkat, sesudah paparan tentang IKN yang disampaikan Kodam VI Mulawarman, di Base Operation Lanud Dhomber Sepinggan Balikpapan, Kamis (27/05/2021). 

Donny berharap TNI dan Polri dalam hal ini diwakili Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta dan Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Haryanto dapat memberikan masukan-masukan terkait hankam di lokasi ibu kota negara. Karena rekan-rekan disini sudah mengetahui secara pasti permasalahan-permasalahan di Kaltim khususnya di lokasi calon IKN. 

Dalam kunjungan kerja ke Kaltim, khususnya lokasi IKN di Sepaku ini, Sekjen Kemhan didampingi jajaran Kemhan dan Bappenas, diantaranya Dirjen Renhan Kemhan Mayjen TNI Budi Prijono dan Deputi Polhukhankam Bappenas Slamet Sudarsono.

Setelah mendengarkan paparan singkat dari Kodam VI Mulawarman dan memberikan arahannya, rombongan Sekjen Kemhan didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud Kasdam VI Mulawarman, Wakapolda Kaltim dan Kabinda Kaltim bertolak ke Sepaku dengan menggunakan speed boat melalui pelabuhan Semayang, untuk meninjau langsung lokasi IKN.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts