Meningkat, Keamanan Siber Diskominfo Kaltim Masuk Level 2

Caption: Agustinus memberikan arahan di kantor Diskominfo kaltim

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Hasil capaian penilaian Tingkat Maturitas Penanganan Insiden (TMPI) Keamanan Siber Diskominfo Kaltim 2021 sebesar 1,73 dengan Indeks Kematangan Level 2. Naik dari level sebelumnya yang berada pada level 1 pada tahun 2019 yang lalu serta masih memungkinkan naik lagi setelah melaksanakan rekomendasi yang diberikan dalam waktu dekat ini.

“Alhamdullillah, berarti sudah ada peningkatan yang baik pada tahun ini, Insya Allah tahun ini segera launching CSIRT (Computer Security Response Team) tingkat Provinsi Kaltim,” kata Kadiskominfo Prov Kaltim Muhammad Faisal kepada Swara Kaltim, Senin (7/6/2021).

Menurutnya pada Indeks Kematangan level 2 ini artinya sudah ada kebijakan atau prosedur yang terkait dengan manajemen insiden dan apabila terjadi insiden sudah ada proses yang diupayakan berjalan walaupun penyelesainnya memerlukan waktu dan berakibat gangguan operasional.

“Insya Allah kita berusaha masuk di Level 3 dan ini sudah tinggi setara dengan Kementerian atau Lembaga Negara lainnya, sementara di Level 2 ini lumayanlah seperti juga di beberapa provinsi lainnya, namun masih banyak juga yang dibawah itu,” lanjutnya serius.

Memang harus diakui, mereka masih sering menganggap enteng persoalan faktor keamanan ini, apalagi disaat anggaran sedikit.

“Kedepan memang saya sudah intruksikan, agar menyiapkan anggaran yang proporsional untuk keamanan ini berbanding dengan pengembangan TIK, sama-sama harus berjalan seirama untuk memastikan keamanan data kita serta menambah kepercayaan diri juga ini,” ucap Faisal.

Adapun penilaian dilaksanakan selama 3 hari oleh Tim dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sekaligus juga melaksanakan sosialiasi tentang CSIRT. Tim dipimpin langsung Kepala Sub Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah II BSSN, Agustinus Toad telah mengumumkan hasil penilaian TMPI Keamanan Siber Diskominfo Kaltim 2021, Jumat (4/6/2021).

“Rinciannya penilaiannya adalah Fase Persiapan 2,54, Fase Aksi 1,76, Fase Tindakan Lanjut 0,90, TMPI 1,73 dengan Indeks Kematangan Level 2,” tutup Agustinus Toad.(dho)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts