Banyak Potensi Harus Dikerjasamakan

SAMARINDA, Swarakalti.com – Kalimantan Timur sejak lama sudah dikenal sebagai daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam berlimpah dan potensial, namun belum terkelola secara maksimal.

“Selama ini kan kita taunya sumber daya alam tidak terbarukan, seperti batubara, minyak dan gas. Padahal, banyak potensi ekonomi kita yang bisa dikerjasamakan,” kata Asisten Administrasi Umum Setda Prov Kaltim HS Fathul Halim saat mewakili Gubernur Kaltim usai membuka Rakor Identifikasi Potensi Ekonomi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kerja Sama Daerah untuk Mendukung Pembangunan Daerah, di Pendopo Odah Etam, Selasa, 8 Juni 2021.

Dirinya meyakini potensi yang dimiliki masing-masing kabupaten dan kota di Kaltim bisa dikerjasamakan, sehingga memberikan nilai tambah yang optimal bagi daerah dan masyarakatnya.

“Sekarang kita sudah bergeser pada kegiatan pengelolaan SDA terbarukan. Dan, masing-masing daerah pasti memiliki potensi yang berbeda, sehingga bisa saling menunjang melalui kerjasama antar daerah,” ungkapnya.

Karenanya, dia berharap usai Rakor ini, masing-masing daerah sudah mengenal dan mengetahui potensi daerah lain, serta segera menjalin komunikasi, koordinasi dan membangun kerjasama saling menguntungkan.

Sementara Kepala Biro Humas Setda Prov Kaltim, HM Syafranuddin mengungkapkan di era pembangunan cukup pesat di segala bidang, tentu potensi-potensi daerah yang dimiliki dan belum terkelola maksimal bisa dikerjasamakan antar daerah.

“Ternyata ada potensi di suatu daerah tapi tidak dimiliki daerah tetangganya, begitu pula sebaliknya. Maka, potensi ini bisa dikerjasamakan,” ujar pria yang akrab disapa Ivan ini.

Dalam acara dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr Moh Jauhar Efendi, para Sekda, Kepala Bappeda dan Bagian Kerja Sama kabupaten/kota se Kaltim ini, Ivan mencontohkan potensi air baku di Marangkayu Kutai Kartanegara dibutuhkan warga Kota Bontang, juga potensi air di lahan eks tambang PT Indominco dapat disuplay untuk daerah lain.

“Termasuk potensi pertanian, perikanan, perkebunan dan lainnya, bisa dikerjasamakan antar daerah,” ungkapnya.(yans/sdn/humasprovkaltim)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts