Wagub Antar Menteri ESDM, Siapkan Energi Untuk IKN

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi  mengantar kembali  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif ke Jakarta, yang berlangsung di Ruang VIP Lounge Bandara  Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Selasa (8/6/2021).

Hadi Mulyadi mengatakan tidak ada pembicaraan khusus, dan hanya mengantar beliau (Arifin Tasrif) kembali ke Jakarata, usai melakukan kunjungan kerja di Kaltim, tepatnya meresmikan proyek pengembangan Lapangan Merakes di Wilayah Kerja East Sepinggan.

“Walaupun demikian, kita berharap energi yang dikembangkan di Kaltim dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat di Kaltim,” kata Hadi Mulyadi.

Selain itu, lanjut  Hadi Menteri EDSM Arifin  juga bercerita tentang energi baru terbarukan sudah mulai dikembangkan di Kaltim, sehingga masyarakat harus memang memulai secara bertahap meninggalkan energi  yang berasal dari fosil.

“Bahkan, Menteri ESDM berpesan agar bangun terus Kaltim dan mulai sekarang harus mulai dipersiapkan energi untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru,” kata Hadi Mulyadi.

Menteri  ESDM  Arifin Tasrif dalam kunjungan kerja di Kaltim dalam rangka meresmikan proyek pengembangan Lapangan Merakes di wilayah kerja East Sepinggan yang dibangun dengan investasi senilai US$1,3 miliar.

Proyek mulai onstream pada bulan April 2021 dan akan mengalirkan produksi gas sebesar 368 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada saat puncak produksi. peresmian proyek dilaksanakan di floating production unit (FPU) Jangkrik Kaltim.

“Pengembangan Lapangan Merakes ini mendukung peningkatan produksi, sehingga dapat mendukung pemenuhan gas dalam negeri,” kata Arifin. 

Menteri Arifin juga menyampaikan bahwa gas bumi merupakan salah satu sumber energi yang mempunyai peranan penting dalam mewujudkan ketahanan energi di tanah air.

Saat ini, porsi gas bumi dalam bauran energi nasional sekitar 19 persen dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, ditargetkan meningkat menjadi 22 persen pada tahun tahun 2025. 

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada SKK Migas dan ENI Indonesia beserta PHE dan Neptute Energy atas keberhasilan produksi gas di Lapangan Merakes ini,” ujar Arifin dihadapan Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto dan Dirjen Migas, Tutuka Ariadji, saat peresmian.(mar/yans/humasprovkaltim/adv/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Loading