Mahulu Gelar Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri di UJoh Bilang

Caption: Bupati Mahulu menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis, bagi penerima vaksinasi Covid-19, Sabtu (26/6/2021)

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75 pada 1 Juli 2021, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, menggelar vaksinasi Covid-19 massal, terpusat di Tribun Lapangan UJoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Sabtu (26/2021).

Kegiatan serbuan vaksinasi nasional TNI-Polri, dengan target sehari satu juta orang, serentak di 34 wilayah Polda” se-Indonesia hari ini. Kabupaten Mahulu memiliki target 300 penerima vaksin dan serbuan pembagian paket sembako melalui Dinas Sosial Mahulu.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh mengatakan, kegiatan ini merupakan target dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang diakselerasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terkait satu juta dosis per hari se-Indonesia.

“Target pelaksanaan vaksinasi sebanyak 1 juta serentak se-Indonesia. Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75, pada 1 Juli mendatang. Tentunya sebagaimana tema Hari Bhayangkara tahun ini, yaitu Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju,” kata Bupati.

Kepala Dinkes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso, menenangkan warga disebalitas yang menerima suntikan vanksin secara simbolis

Kepala Dinkes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso, mengatakan dengan diselenggarakannya vaksinasi dengan target satu juta itu, diharapkan terciptanya kekebalan kelompok atau Herd Immunity terhadap virus global tersebut.

“Untuk hari ini ditergetkan 300 orang yang akan divaksin dengan sasaran target masyarakat usia lansia, pra lansia, kelompok disabilitas, tenaga pendidik dan kelompok masyarakat pelayanan publik, serta para buruh pelabuhan dan matoris taxi speed bout,” tutur Teguh kepada Swarakaltim.com.

Kegiatan ini melibatkan seluruh petugas kesehatan di Ujoh Bilang. Teguh menyebutkan, pelaksanaan vaksin massal ini sesuai dengan kebijakan untuk penanganan covid-19 yang sudah diberlakukan sejak Januari pada seluruh pejabat publik yang telah didukung penuh oleh TNI-Polri diwilayah ini.

“Tentunya diharapkan tercapai Herd Immunity di lingkungan masyarakat. Meski begitu, kita tetap mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes 5M) dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Hingga saat ini, sambung Teguh, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi Covi-19, terhadap kelompok sasaran sebanyak 3.600 orang atau 35 persen, yang telah masuk rengkeng ke-42 secara Nasional dari 360 lebih kabupaten/kota se-Indonesia.

“Untuk Mahulu senidiri, telah melawati dua tahapan vaksiniasi dengan beberapa termin, yang pertama tenaga kesehatan sudah 99 persen divaksin, kemudian berlaku bagi pelayanan publik dan selanjutnya diperluas bagi pra lansia, ODGJ dan disebalitas,” terangnya.

Selanjutnya, kata Teguh, pada 1 Juli mendatang, vaksinasi berlaku bagi kelompok sasaran semua penduduk yang diperluas untuk tahapannya dari usia 18 tahun keatas.

“Kita tinggal menunggu surat edaran dari Kementrian Kesehatan RI, dan kita telah siagakan untuk semua Puskesmas agar melakukan vaksinasi. Hal yang penting kita harus memperhatikan pendistribusian ketersedian vaksinasi ini kesemua Puskesmas se-Mahulu,” pungkas Teguh yang juga Kepala TGT Mahulu ini.

Hadir dalam serbuan vaksinasi tersebut, Sekda Mahulu Stephanus Madang, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Danramil 03/Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa dan sejumlah pejabat teras Pemkab Mahulu, yang telah menyaksikan 300 orang vaksinasi massal tersebut.

Penulis : Alfian
Editor : Redaksi
Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts