Kejati Kaltim Gelar Donor Darah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke 61 dan HUT Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) ke 21 Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda menggelar Donor Darah di ruang Aula IAD Wilayah Kejati Kaltim Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang, Selasa (6/7/2021) kemarin.

Wakajati Kaltim Bambang Bahtiar mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Deden Riki Hayatul Firman menyaksikan kegiatan donor darah dimulai 09.00 wita hingga selesai, dengan total keseluruhan yang berpartisipasi sebanyak 40 orang.

Kegiatan dihadiri, selain Wakajati Kaltim Bambang Bahtiar, para Asisten, Koodinator, Pegawai dan Honor Kejati Kaltim, Pengurus IAD Wilayah Kejati Kaltim, Ustadz dan Ustadzah Masjid Al-Mizan.

Wakajati Bambang Bahtiar mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian langsung Kejaksaan kepada masyarakat dalam pemenuhaan ketersedian darah di wilayah Kota Samarinda pada khususnya.

“Dalam rangkaian kegiatan ini, kami telah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat, baik pengecekan suhu badan, para pendonor darah juga kita wajibnya menggunakan masker,” sebut Bambang Bahtiar didampingi Kasi Penerangan Hukum Toni Yuswanto.

Menurut Bambang, para pendonor ini sebelum mendonorkan darahnya harus melalui proses screening dan pemeriksaan kesehatan dari petugas PMI dan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan baru bisa mendonorkan darah mereka. “Paling utama adalah harus sehat dengan kadar Hemoglobin (Hb) yang cukup,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan donor ini, telah berhasil didapatkan 26 kantong darah sesuai hasil pengecekan kesehatan screening.

“Kami mengimbau kepada masyarakat di Kaltim, agar sekiranya bisa menyumbangkan darah, karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa manusia,” jelasnya. (ai/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts