PKM UMY Tingkatkan Kreativitas Guru SD Muhammadiyah

BANTUL, Swarakaltim.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan para dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar pelatihan bagi para guru di SD Muhammadiyah Karangturi Baturetno Banguntapan Bantul.

Dalam program ini para guru diajak meningkatan kreativitas para guru dalam merancang video pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi EXPLEE.

Pelatihan ini secara daring dantelah dilaksanakan pada 1 Juli 2021 dan 5 Juli 2021. Sebenarnya sasaran utama program ini yakni bagi guru Bahasa Inggris, namun dalam pelaksanaannya diikuti oleh seluruh guru SD Muhammadiyah Karangturi.

Acara pelatihan dibuka dengan sambutan dari Tim PKM LP3M UMY, Sri Ani Puji Setiawati SS MA. Narasumber dalam pelatihan ini yakni adalah Dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Daniel Ari Widhiatama SPd MHum yang sekaligus juga aktif di Indonesia Technology Enhanced Language Learning (iTELL) yaitu suatu wadah para pendidik dan praktisi yang fokus pada penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran.

“Kegiatan dilaksanakan secara daring mengingat jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat di Yogyakarta. Pelatihan ini bertujuan utnuk peningkatan kreativitas guru di SD Muhammadiyah Karangturi dalam merancang video pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi EXPLEE,” kata Sri Ani Puji Setiawati, Sabtu (10/07/2021).

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangturi, Indrawasih SE SPd bersyukur Tim PKM LP3M UMY telah memilih sekolah yang dipimpinnya dalam program ini. Ia berharap pelatihan membuat video pembelajaran akan diterapkan dalam pembelajaran daring. “Semoga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah Karangturi,” jelasnya.

Para guru juga mengaku materi pelatihan ini sangat menarik serta mudah dipahami dan diterapkan. Guru Bahasa Inggris SD Muhammadiyah Karangturi, Wahyu Eko Santoso SPd mengaku pelatihan ini menambah ilmu untuk membuat video pembelajaran dengan aplikasi baru.(kr/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts