Daniel Setiawan Buka Sekolah Vokal, Membangun Daniel Singing Academic di Sendawar

Caption: Daniel Setiawan foto bersama tim dan para orang tua anak didiknya dalam conferensi pers di cafe resto JB Sendawar.

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Dunia musik di tanah air terus berkembang dari waktu ke waktu. Minat masyarakat terhadap penguasaan kemampuan bermusik tetap tinggi baik dalam olah tarik suara.

Untuk itu Daniel Setiawan penyanyi pendatang baru asal kelahiran Kota Manado 1989 ini, berdomisili di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), telah membuka sekolah vocal untuk pertama kalinya di Kota Sendawar, Bumi Purai Ngeriman.

Cita-cita Daniel Setiawan di dunia tarik suara untuk Indonesia cukup menggairahkan, dengan ditandai lahirnya sebuah project di bidang musik (band/solo/grup vokal) yang dikenal melalui Daniel Musik Intertaiment.

“Tahap awal kita membuka kursus vocal di wilayah Simpang Busur Barong Tongkok, tepatnya dijalan arah menuju Kecamatan Linggang Bigung. Saat ini anak didik kita sekitar 25 orang dari putra putri mulai dari usia 7 hingga 15 tahun,” tutur Daniel dalam konferensi pers ke awak media di Café Resto JB, Jumat (22/10/2021).

Daniel Setiawan foto bersama tim kreative Daniel Musik Intertaiment

Selain baking vocal, Daniel Musik Intertaiment juga memiliki berbagai program belajar musik yang kompeten, antara lain Master Class (kurikulum yang mengajarkan siswa untuk tampil memainkan lagu bersama di dalam satu band dan disaksikan penonton untuk melatih mental dan kekompakkan siswa).

Daniel Musik Intertaiment bertujuan menciptakan musisi yang lengkap, musisi yang dapat mengekspresikan diri mereka secara terampil, kreatif dan artistik. Hal itu sangat dibutuhkan dalam membangung jiwa kreatif mereka secara trampil di masa mendatang,” imbuhnya.

Selain mencari prospek bisnis di masa pandemi, Daniel berharap kiprahnya dapat menularkan kemampuan berolah vokal yang baik kepada anak-anak Indonesia khususnya Kutai Barat Kaltim sebagai penyangga IKN mendantang.

Keseriusannya membuka kursus vocal, didukung dari tim manajemen Daniel Musik Intertaiment. Sehingga antusias anak didiknya untuk belajar vokal dan kemudian disupport oleh Pusat Pengembangan Anak (PPA) Kutai Barat.

Salah satu dari anak didiknya perform kebolehannya bernyanyi dihadapan para orang tua dan tamu undangan

“Anak anak di Kutai Barat banyak memiliki bakat yang bagus di bidang menyanyi. Oleh karena itu dari tempat kursus inilah saya akan bisa berbagi ilmu vokal dan musik kepada mereka,” ungkapnya.

Pelantun single “Hanya Cinta Yang Bisa” mengungkapkan bahwa dirinya juga telah meluncurkan single terbarunya berjudul, “Untuk Apa Berjanji”. Dimana saat ini ia telah resmi mendaftarkan hak ciptanya dan pengaktifan NSP/RBT serta merilis musik diseluruh platform musik digital/nasional.

Untuk single ini saya baru promosi lewat YouTube dan media sosial saja. “Ini single ke 4 saya  yang inspirasinya diambil dari true story, yang pembuatan projectnya dilakukan selama 3 bulan,” jelas pria 31 tahun lulusan Sekolah Vocal SOPW Bandung tahun 2015 itu, kepada wartawan.

Untuk mengajari anak anak bernyanyi, Daniel juga turut dibantu guru-guru vokal pilihinannya, yang saat ini membangun Daniel Singing Acadimic di Kutai Barat. Dengan tujuan untuk mencari regenerasi di dunia musik Tanah Air.

“Dengan siswa yang ada untuk kelas junior dari usia 7 hingga 11 tahun, kemudian untuk kelas besic singer dari usai 12 hingga 15 tahun. Untuk itu saya mengajak bergabung bagi para orang tua untuk anaknya belajar bernyanyi. Disini para siswa diajak untuk mengekspresikan diri lewat musik, dengan biaya pendaftaran Rp 150 ribu,” tutur Daniel.

Selain itu Daniel akan mengadakan mini konser di Kecamatan Damai Kota pada Desember mendatang. “Yang tampil bernyanyi anak-anak didik kita ini yang telah lolos mengikuti seleksi Daniel Singing Acadimic ini,” pungkanya.

Untuk diketahui Daniel Setiawan mulai merilis cover album pertamanya pada 2018 lalu yang berjudul,”The First Noel” melalui road show ke Kabupaten Morowali, Donggala, Palu dan Poso Sulteng.

Sehingga saat ini ia berhasil meluncurkan 4 single terbarunya yaitu, “ Hanya Cinta Yang Biasa” (Love Campaign) dan “Anugerahmu Cukup Bagiku” pada tahun 2018. Selanjut “Kau Pulihkan Hatiku” (feat Abraham Irwan tahun 2019). Dan yang terbaru (Single 2020-2021) berjudul “Untuk Apa Kau Berjanji”. Dimana lagu terbarunya telah disiarkan salah satu televisi swasta belum lama ini.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Loading