Sosialisasi Bawaslu, Pertanahan, Peran Komisi II DPR RI

Reses K.H Aus Hidayat Nur di Kal-Tim bagian Pertama (1).

              *-Pengantar Redaksi-*

SAMARINDA, Swarakaltim.com – K.H. Aus Hidayat Nur Anggota Legislatif komisi II DPR RI Fraksi PKS dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim telah melakukan Reses serap aspirasi di Kalimantan Timur (Kaltim) sejak 16 hingga 21 Oktober 2021. Apa dan bagaimana komunikasi timbal balik yang di peroleh dari masyarakat. Berikut Slamet Iman Santoso Wartawan SWARA KALTIM memaparkan.

RESES merupakan upaya menyerap aspirasi masyarakat langsung di luar sidang oleh anggota Dewan. K.H. Aus Hidayat Nur senator Senayan politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah Wakil masyarakat Wilayah Kal-Tim yang mendapat amanah rakyat Kaltim berada di Gedung DPR RI membidangi komisi II DPR RI Fraksi PKS.

( peci hitam) Arif Kurniawan, SP Tokoh masyarakat Samarinda hadiri Sosialisasi Program ATR BPN di Aston Hotel Samarinda (16/10/’21)

Apa itu istilah Komisi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) adalah alat kelengkapan DPRI RI yang bersifat tetap. Jumlah Komisi DPR RI ditetapkan oleh DPR pada permulaan masa keanggotaan DPR dan permulaan tahun sidang. Dan bertugas nya sebagai Legislasi pembentukan Undang-undang, soal anggaran dan pengawasan.

Kemudian Komisi II DPR RI merupakan satu dari 11 (sebelas) Komisi yang ada di DPR RI yang berdasarkan Keputusan Rapat Paripurna DPR RI tanggal 29 Oktober 2019 mempunyai ruang lingkup tugas di bidang, Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reforma Agraria.

Lalu siapa Mitra Komisi II DPR RI. Ada 16 meliput Menteri Dalam Negeri RI,
Menteri Sekretariat Negara RI, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional RI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI,
Sekretaris Kabinet RI, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Ketua Badan Pengawas Pemilu RI (BAWASLU), Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum RI (DKPP), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN);
Ketua Ombudsman RI (ORI), Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kepala Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kepala Badan Pembina Idiologi Pancasila.

Kang Aus Aleq Fraksi PKS DPR RI menyerahkan sertifikat PTSL ke Warga Samarinda di hotel Aston, (16/10/’21).

Hal inilah yang disampaikan K.H Aus Hidayat Nur yang biasa di sapa Kang Aus, dalam setiap awal temu sapa dalam Reses nya dengan masyarakat di Wilayah Samarinda dan Balikpapan. Kang Aus terkesan ingin menjemput informasi dari masyarakat. Disisi lain, Ia ingin dalam setiap pertemuannya, ada sedikit ilmu atau pengetahuan yang bermanfaat yang dapat di sampaikan kepada masyarakat.

” Kehadiran saya di Kal-Tim dalam rangka reses dan sosialisasi serta berbagai ilmu dan pengetahuan. Saya bersama Bawaslu bicara soal Pilkada. Terkait Petanahan mitra komisi II seperti ATR BPN Provinsi Kaltim ikut serta juga menyampaikan kepada masyarakat terkait pertanahan serta mensosialisasikan program-program nya. Alhamdulillah kerjasama kami baik. Selebihnya saya berjumpa langsung ke masyarakat di wilayah 6 Kecamatan di Balikpapan,” ujar Kang Aus.

Mengawali tugas reses nya, Kang Aus hadir di kota Samarinda, memenuhi agenda sosialisasi program-program ATR BPN sebagai nara sumber di Hotel Aston, (16/10/’21). Namun sebelumnya, sebagai kader PKS yang taat dan profesional. Ia menyempatkan diri bertemu Ketua dan pengurus DPW PKS Provinsi Kal-Tim, untuk menguatkan, koordinasi, konsolidasi dan mempererat silaturahim.

Hadir dalam acara sosialisasi Kementerian ATR BPN tersebut para tokoh masyarakat diantaranya tokoh masyarakat Samarinda Arif Kurniawan,SP, tokoh masyarakat Balikpapan H.Sonhaji, RT, aktivis, warga. Selain itu Firman Ariefiansyah Singagerda, ST, M.Sc Kepala BPN Samarinda, Humas dan protokol Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang) BPN, Kabag (Kepala Bidang) Tata Usaha I Hidayat, Kukus Perdana Kabid Survei pengukuran, Agus Kepala bidang penetapan hak dan pendaftaran.
Apa yang terungkapkan masyarakat dari pertemuan Kang Aus, ATR BPN Provinsi Kaltim. (Slemet Iman Santoso -Bersambung…)

Loading