Bendali Telaga Sari Selesai Akhir Desember 2021

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemerintah kota Baikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum kota Balikpapan menargetkan perbaikan bendali Telaga Sari  yang berlokasi di Jalan Pieree Tendean Balikpapan Kota yang sempat kering mendadak airnya, ditargetkan akhir tahun selesai pengerjaanya. Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Balikpapan, Andi Yusri Ramli mengungkapkan hal itu.

Kemudian Ia mengatakan,  kini ada dua kegiatan untuk penanganan bendali di Telaga Sari diataranya jalan antara dinding bendali dan dingin buatan akan riqid. “Semua kegiatan akan selesai akhir bulan Desember 2021 ini,” tegasnya.

Yusri mengaku,  untuk perbaikan bendali Telaga Sari terlambat dalam perbaikan, dikarenakan pengerjaan menunggu material masuk berupa tanah liat yang harus melalui uji di laboratorium. Ada beberapa sampel yang melewati uji coba, yang memenuhi kriteria dan lolos uji akan digunakan sebagai material blanket. Apabila semua komponen terpenuhi bisa segera dikerjakan “Itu perlu beberapa kali pengujian untuk memenuhi syarat. Terakhir harus menunggu uji daya tahan terhadap rembesan air,” sebut Yusri.

.Yusri menekankan, untuk pengerjaan yang dilakukan petugas terlebih dahulu harus memetakan dilapangan. Mengingat bendali telaga Sari saat dikerjakan memiliki sumber air , sehingga harus dikendalikan, diarahkan, lalu dibuang.  Daerah yang mengalami perbaikan harus kering. Awalnya lahan dikupas dulu sesuai rekomendasi perencanaan. Kemudian lahan dipadatkan, setelah itu digelar biotek. Lapis per lapis nanti blanked dipadatkan, setelah itu selesai.

Secara keseluruhan kalau sudah dilapisi blanket baru dapat digenangi. Ia menyampaikan saat ini intensitas hujan cukup tinggi dan menjadi kendala perbaikan. Kemungkinan akan dilakukan pompa karena lahan perbaikan harus kering. Pihaknya belum mengetahui berapa dana untuk pengerjaan sistem tanggap darurat. Nanti akan menunggu selesai keseluruhan baru dapat dipastikan total dana. 

“Untuk rehabilitasi, anggaran yang disiapkan kurang lebih sebesar Rp 1 miliar. Adapun, perbaikan Bendali tersebut menggunakan dana dari APBD Perubahan 2021,” tutupnya(*/SIS)

Loading