Besok, Jokowi dan Gubernur se-Indonesia Camping di IKN Nusantara

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Sebentar lagi tunai sudah janji Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang akan melakukan Camping di lokasi IKN, jika tidak ada perubahan karena hal-hal yang sangat penting akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2022 bersamaan dengan kehadiran seluruh Gubernur se Indonesia nantinya.

“Bapak Presiden Jokowi mengundang seluruh Gubernur se Indonesia untuk hadir di lokasi IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada tanggal 14 Maret, hari Senin nanti,” kata Kadis Kominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal kepada Swara Kaltim, Minggu (13/3/2022).

Bukan saja mengundang tapi juga mewajibkan semua Gubernur memakai pakaian adat daerah masing-masing serta membawa air dan tanah dari lokasi yang bersejarah atau adat budaya di wilayahnya masing-masing.

“Nantinya para Gubernur tersebut akan diminta membawa sedikit air 1 liter dan tanah sekitar 2 kg dari wilayahnya masing-masing untuk nantinya digabungkan bersama 34 provinsi lainnya di Indonesia di satu titik di IKN Nusantara, disebutnya seremoni Gentong Nusantara,” lanjut Faisal bersemangat.

Maksudnya sebagai gambaran simbolis bahwa IKN Nusantara ini merupakan refleksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Sebagai gambaran persatuan dan kesatuan, kebhineka tunggal ika an, bahwa IKN Nusantara ini milik seluruh masyarakat Indonesia, pernyataan simbolis bahwa Nusantara ibukota tanah air Indonesia tercinta,” ungkap Faisal.(dho)

Loading