Deputi Gubernur Senior BI Lantik Kepala Perwakilan BI Kaltim, Prioritas Lanjut Program Pemberdayaan UMKM Serta Gencarkan Aplikasi Siap QRIS di Kaltim

Caption: Suasan pelantikan Kepala Perwakilan BI Kaltim

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Bank Indonesia (BI) telah menggelar pelantikan Kepala Perwakilan BI Kalimantan Timur (Kaltim) dan Deputi Gubernur Senior BI Desri Damayanti yang melantik, di ruang Aula Kantor Perwakilan BI Kaltim Jalan Gajah Mada Kecamatan Samarinda Ulu, Rabu (11/5/2022).

Dalam kegiatan pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, S.I.K, M.H, M.SI, Komandan Kodim 0901/Smd Letkol Arm Novi Herdian, S.H.,M.M, Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda Heru Widarmoko S.H, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Kaltim H.Hadi Muryadi Kami mengucapkan selamat atas Kepala Perwakilan BI Kaltim Ricky Perdana Gozali telah di lantik dan bertugas di Kaltim.

“Terima kasih pula saya sampaikan, atas kontribusi Kepala Perwakilan BI Kaltim sebelumnya, Tutuk SH Cahyo yang proaktif dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, termasuk pula di Kaltim dan Saya menilai BI telah berhasil dalam upaya membina dan memberdayakan UMKM di wilayah Kaltim ini,” lanjutnya.

H. Hadi Mulyadi menyebutkan bahwa di Tahun 2021, Kaltim telah tercatat sebagai provinsi pengekspor kedua terbesar di Indonesia, setelah Jawa Barat, tentunya keberhasilan itu berkat dukungan semua pihak, khususnya BI.

“Semoga pandemi bisa terus diatasi dan pemulihan ekonomi bisa dilakukan dengan lebih baik, karena kita telah menjalani pergerakan terbatas di dunia usaha selama dua tahun belakangan ini,” tuturnya.

“Saya berharap dengan kepemimpinan yang baru ini, semua program yang telah dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, salah satu program yang sangat menunjang perekonomian ialah program Pemberdayaan UMKM ditengah masyarakat,” ujarnya.

Di kesempatan ini pula, H. Hadi Mulyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI, Polri, BI, BINDA, BPK dan semua intansi serta pihak terkait yang berkerja keras dalam mencegah penyebaran Covid-19, sesuai dengan usaha tersebut berdampak pada penurunan yang sangat signifikan dari bulan januari sampai sekarang.

Kepala Perwakilan BI Kaltim Ricky Perdana Gazali

“Dengan terjadinya penurunan angka penyebaran covid-19 ini, berharap pertumbuhan ekonomi di Kaltim bisa Stabil lagi dan maju usai perjalanan pahit selama pandemi ini,” ucapnya.

“Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) sudah berjalan 50%, dan juga Kami siap menyambut IKN demi membangun Provinsi Kaltim lebih baik dan maju lagi dari sebelumnya, semua itu tidak akan terwujud tanpa kerjasama kita semua serta stake holder yang ada di Kaltim, mari kita sukseskan pembangunan IKN baru ini,” pesannya.

Ditempat yang sama, Deputi Gubernur Senior BI Desri Damayanti menerangkan bahwa kegiatan pelantikan Kepala Perwakilan BI Kaltim ini, sebagai upaya meningkatkan kinerja di lingkungan BI khususnya di Wilayah Kaltim guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dewan Gubernur selalu menempatkan putra terbaik di daerah, karena mereka adalah ujung tombak di lapangan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, guna dapat mengimplementasikan kebijakan pusat,” imbuhnya.

“Dan tahun ini kita amanahkan Ricky Perdana Gazali sebagai Kepala Perwakilan BI di Kaltim,” ucapnya.

“Adanya Rolling pegawai di Internal BI sudah sering dilakukan, hal ini guna melihat perkembangan kebijakan yang dilakukan di beberapa kantor yang tersebar baik di dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.

“Dengan harapan bisa menambah wawasan bagi kepala perwakilan kantor BI, serta berfungsi sebagai pengoptimalan implementasi kebijakan wilayah persatuan tersebut,” jelasnya.

“Terutama bidang UMKM dan BI siap mendorong dan bersinergi bersama Pemerintah setempat,” tuturnya.

“Kepada Kepala Perwakilan BI disetiap wilayah bisa menjalankan fungsi sebagai Strategic a fighter dalam menjawab tantangan perekonomian di wilayahnya,” harapnya.

Desri Damayanti menerangkan pula Ricky Perdana Gazali ini sebelumnya menjadi kepala grup (Direktur) di departemen internasional yang mana ini menjadi salah satu kunci dari formulasi kerjasama international Bank Indonesia (BI), termasuk dalam persiapan event G20, Indonesia sebagai tuan rumah presidensi G20.

“Secara kacamata Internasional, saat ini sedang tertuju pada kegiatan G20 ini, dengan berharap ada terobosan baru dan solusi dari pertemuan G20 nantinya,” sambungnya.

“Rangkaian pertemuan ini sudah dimulai sejal awal tahun ini dan puncaknya pada bulan november mendatang,” katanya.

Desri Damayanti menyebutkan bahwa Ricky Perdana Gazali sebelumnya berada di kantor perwakilan Gorontalo dan memiliki hubungan yang baik dengan stakeholder setempat.

Dalam menyambut IKN baru, Desri Damayanti menggunakan bahwa hal ini merupakan tantangan dan semangat baru sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI kaltim, dan Imam sebagai kepala kantor perwakilan Kalimantan dalam mewujudkan IKN secara optimal.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kolaborasi yang baik guna meningkatkan perekonomian daerah dan menjaga stabilitas,” ucapnya.

Di lain pihak, Kepala Perwakilan BI Kaltim Ricky Perdana Gazali turut menjelaskan bahwa saat ini telah terjadi kenaikan inflasi secara nasional yang cukup kuat di awal tahun ini.

“Serta ini bukti nyata, bahwa perekonomian sudah mulai membaik dan terbuka setelah penurunan angka penyebaran Covid-19,” tambahnya.

“Dan yang kita lakukan ialah menjaga, mengontrol supaya angka inflasi ini semakin membaik untuk perekonomian kita, dan BI selalu bekerjasama dengan pemerintah serta pihak terkait untuk menjaga hal tersebut,” tuturnya.

Ricky P. Gazali menyebutkan bahwa angka inflasi untuk Kaltim bulan ini sekitar 3,9 %, namum masih dalam branch untuk target nasional 3 plus minus 1,” bebernya.

“Tapi, ini harus kita pertahankan karena naiknya sudah cukup tinggi, pengaruh utama adalah makanan dan minuman, tembakau adminis price,” paparnya.

“Sedangkan untuk perputaran uang juga terjadi peningkatan, dikarenakan dua tahun lalu kita sendat akibat pergerakan aktivitas yang sangat terbatas selama pandemi Covid-19,” ungkapnya.

“Dengan kerterbukaan ekonomi ditahun ini pemerintah juga sudah melakukan antisipasi terkait perputaran uang yang melonjak pesat ini hingga 30 persen sampai dengan 40 persen dari tahun lalu,” katanya.

Saat awak media menanyakan aplikasi Siap Qris, Ricky P. Gazali kembali menerangkan bahwa ini merupakan target nasional dalam penggunaan aplikasi Siap Qris yang baru saja di launching di Bigmall belum lama ini.

“Bahkan kemarin warga sangat antusias menggunakan aplikasi Siap Qris ini, dan sesuai data Kami tercatat 15 juta orang pengguna aplikasi ini tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Untuk di wilayah Kaltim sendiri targetnya 200 ribu lebih di tahun 2022 ini, dan saat ini telah diupayakan pula, untuk bisa di gunakan ke seluruh wilayah Kaltim baik kota dan kabupaten lainnya,” terangnya.

Ricky P. Gazali mengatakan bahwa pada saat launching Siap Qris yang dilaksanakan di Big Mall Samarinda, yakni Pasar Palaran dan Pasar Lok Bahu, serta area pusat perbelanjaan Bigmall, serta kedepannya kita bisa memperluas transaksi dengan QRIS ini keseluruh wilayah Kaltim.

“Terkait kendala jaringan, untuk di beberapa wilayah yang belum memadai jaringan kita terus melakukan kerjasama dengan pihak terkait guna memperkuat Jaringan di wilayah tersebut,” pungkasnya. (AI)

Bagikan:

Related posts