Insiden Kapal Tongkang Tabrak Jembatan Gunung Tabur, Pihak Kapal Siap Bertanggung Jawab

Loading

Foto tongkang pengangkut Batu Bara dengan kode TSM 26 yang menubruk penyangga jembatan Gunung Tabur.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Beberapa hari lalu, Bumi Batiwakkal di kejutkan dengan beredarnya video kejadian dimana kapal tongkang pengangkut Batu Bara dengan kode TSM 26 menubruk pinggiran penyangga Jembatan Gunung Tabur (Gunta). Dalam video tersebut, terlihat bahwa kapal tersebut menabrak penyangga Jembatan Gunung Tabur, saat hendak melewati bawah jembatan Sabtu (28/5/2022) lalu.

Saat dikonfirmasi perkembangan kejadian tersebut, Kepala Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb Hotman Siagian mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan membuat laporan tertulis kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut terkait kecelakaan kapal TB Hector 107/TK TSM 26 yang menubruk tiang penyangga jembatan Gunung Tabur itu. Selain itu, Direktur dari kapal TB Hector 107/TK TSM 26 juga telah memberikan surat penyataan siap bertanggung jawab secara penuh kerusakan dan biaya yang harus ditanggung.

Foto Kepala Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb Hotman Siagian

“Jadi kami sudah panggil dan meminta keterangan kepada nakhodanya, ada juga ke pihak pemilik kapal sebagai wakil perusahaan pelayaran, untuk dimintai keterangan tentang insiden tersebut,” kata Hotman Siagian Senin (30/5/2022). Kesimpulan dirinya setelah mendengarkan penjelasan beberapa pihak, bahwa faktor penyebab kejadian tersebut karena arus sungai deras. Sehingga membuat bagian belakang kapal tongkang terbawa arus ke arah penyangga jembatan itu. Namun sudah jelas pihak kapal bertanggung jawab penuh dengan surat pernyataan telah dibuat.

“Pegangan kita surat pernyataan itu. Setelah Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (KBBPJN) Kalimantan Timur (Kaltim) akan berkoordinasi dengan instansi terkait serta akan menindaklanjuti kerusakan penyangga itu, dan akan segera melakukan survei di area lokasi kejadian. Hasilnya nanti berapa biaya diperlukan guna dilakukan perbaikan terhadap penyangga jembatan Gunung Tabur itu akan dikomunikasikan kepihak kapal TB Hector 107/TK TSM 26,” ujarnya seklaigus mengakhiri perbincangan. (Nht/Fdl)