Polres Berau Minta Waspada Jelang Hari Kurban

Loading

Foto Kasubbag Humas Polres Berau Iptu Suradi

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H di Bumi Batiwakkal, Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono melalui Kasubbag Humas Polres Berau Iptu Suradi berpesan kepada penjual sapi terkait penggelapan sapi yang akan diperjualkan di hari raya kurban nanti, diminta waspada.

Selain itu, para pembeli diminta berhati-hati terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal itu dikatakannya, melihat situasi yang marak kasus PMK ini, oleh karenanya pembeli harus bisa memilih sapi yang sehat. “Begitu pun penjual harus memeriksakan keadaan sapinya,” kata Iptu Suradi kepada Swara Kaltim, Sabtu (18/6/2022).

Kemudian untuk antisipasi kepada penjual hewan ternak anggota suku Bovidae dan anak suku Bovinae ini, Iptu Suradi mengingatkan yang menurutnya ia melihat para penjual tidak mempunyai tempat khusus, hanya dipinggir jalan yang bisa dilihat umum. Diharapkan jangan ditinggalkan begitu saja. “Terus si pemilik atau penjual juga jangan begitu percaya kepada para penggembalanya itu, sebab pernah ada kasus ternaknya yang mau dijual ini digelapkan,” tuturnya.

Maish menurutnya, hampir rata-rata penjual sapi di Kabupaten Berau ini hampir semua didatangkan di luar daerah. Misalnya, mereka mendatangkan 100 ekor kambing, nah itu harus dicek juga ketika datang ke sini. “Artinya jangan dipercayakan begitu saja kepada orang lain. Tetap waspada, baik kepada para penjual maupun pembeli termasuk penjaga dilapangannya,” ujarnya. (Nht/Fdl)