Adwar : Peran Kelurahan Dalam Pemberantasan Narkoba Sangat di Perlukan

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan melalui Kesebangpol Balikpapan menegaskan peran kelurahan dalam pemberantasan narkoba. Hal ini dikarenakan untuk peredaran narkoba masih cukup memprihatinkan di Kota Balikpapan, sehingga butuh peran serta semua pihak agar terlibat. Apalagi kota Balikpapan merupakan kota penyangga IKN kedepanya.

Menurut Kepala Kesbangpol Balikpapan Adwar Kenda Putra, kota Balikpapan harus mewaspadai adanya penyalahgunaan dan peredaran narkotika. Sehingga dalam pemberantasan narkotika di perlukan bantuan semua stakeholder baik pemerintah kota dan masyarakat.

“Kami menyambut baik baik kegiatan sosialisasi ini karena kita ketahui peredaran narkoba sudah menyasar perempuan dan anak anak sebagai kurir dan penyalagunaan narkoba,” ujar Adwar Skenda Putra, Kamis (30/6/2022).
“Terlebih kasus peredaran narkoba di Balikpapan juga tak kunjung hilang, bahkan masih ada yang disebut kampung narkoba,” tegasnya.

Lanjut Adwar, waspada akan bahaya narkoba dikarenakan kota Balikpapan, tidak terlepas dari letak strategis Kota Balikpapan sebagai kota transit dan sekaligus pintu utama Kaltim dan sebagai penyangga IKN. “Sehingga harus diwaspadai penyalagunaan dan peredaran narkoba di Balikpapan,” ujarnya.

Adwar biasa disapa Edo menjelaskan, kader kelurahan bersinar merupakan ujung tombak kekuatan melawan peredaran narkoba secara bersama-sama, dan diharapkan terus melakukan sosialisasi dan fasilitator ke masyarakat dari bahaya narkoba. “Saat ini satgas dan kader kelurahan bersinar ada di enam kelurahan, saya berharap kelurahan lain dapat membentuk satgasnya,” harapnya.

Berdasarkan laporan dari Polresta Balikpapan selama bulan Mei 2022, terungkap 34 kasus praktik peredaran narkoba di wilayah Balikpapan. Mayoritas temuan kasus terjadi di kawasan padat penduduk. “Hal ini menandakan bahwa peredaran narkoba di Kota Balikpapan masih cukup tinggi dan tak kunjung hilang,” tegasnya.

Adwar menambahkan, kegiatan yang diselenggarakan Kesbangpol ono menyasar kader kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.(*/tl)

Loading